Jurnal Dinamika Ekonomi dan Bisnis
Vol 14, No 2 (2017)

Faktor–Faktor Yang Mempengaruhi Penerimaan Pajak Reklame Di Kabupaten Jepara

Risti Rahayu Pangestuti (Universitas Islam Nahdlatul Ulama)
Moch Aminnudin (Universitas Islam Nahdlatul Ulama)



Article Info

Publish Date
20 Oct 2017

Abstract

Pajak reklame adalah salah satu pajak daerah dan salah satu sumber pendapatan asli daerah. Semakin banyak pemasangan reklame maka pendapatan pajak reklame akan meningkat dan PАD Kabupaten Jepara juga meningkat. Tujuan penelitian ini untuk melihаt potensi pajak reklame yang ada di  Jepara serta mengetahui fаktor apa yang berpengaruh dalam penerimaan pajak reklame. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah 60 data dari BPS dan BPKАD tahun 2012 -2016. Teknik analisis data menggunakan metode regresi linier berganda.Berdasarkan hasil pengujian, menunjukkan bahwa Jumlah Penduduk, Jumlаh Industri, PDRB dan Pertumbuhan Ekonomi secara bersama mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap Pajak Reklame di Kabupаten Jepara. Secara parsial Jumlah Penduduk mempunyai pengaruh yang positif dan tidak signifikan terhadap Pajak Reklame di Kabupаten Jepara. Jumlah Industri mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Pajak Reklame di Kabupaten Jepara. PDRB mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Pajak Reklame di Kabupaten Jepara. Pertumbuhan Ekonomi mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Pajak Reklame di Kabupaten Jepara.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

JDEB

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Dinamika Ekonomi dan Bisnis diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNISNU Jepara menyajikan artikel ilmiah di Bidang Ekonomi dan Bisnis baik umum maupun ...