Seminar Nasional Teknologi Informasi Komunikasi dan Industri
2020: SNTIKI 12

STRATEGI PEMASARAN SONGKET MENGGUNAKAN METODE BENCHMARKING DAN ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP)

wresni anggraini (FST-UIN SUSKA Riau)



Article Info

Publish Date
14 Dec 2020

Abstract

Galeri Songket XYZ merupakan salah satu toko yang menjual songket asli buatan tangan pengrajin songket dari Nagari Pandai Sikek . Tidak adanya strategi pemasaran yang tepat membuat jumlah penjualan pada Galeri XYZ mengalami penurunan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan strategi pemasaran yang dapat diterapkan pada Galeri XYZ. Hal pertama yang dilakukan yaitu membandingkan bagaimana strategi pemasaran Galeri XYZ dengan dua galeri pesaing yaitu Galeri ABC dan Galeri DEF. Perbandingan strategi pemasaran dilihat dari bauran pemasaran 4P yaitu product, price, promotion dan place dan didapatlah keunggulan dari masing-masing galeri yang kemudian dijadikan sebagai acuan untuk menghasilkan beberapa strategi pemasaran baru yang akan diterapkan pada Galeri XYZ. Metode AHP pada penelitian ini digunakan untuk memilih strategi pemasaran terpilih dan yang akan diterapkan pada Galeri XYZi. Hasil penelitian menunjukkan dari 12 strategi usulan maka strategi yang terpilih yaitu membuat akun facebook yang terhubung ke instragram untuk memasarkan produk yang dijual pada Galeri XYZ.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

SNTIKI

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Electrical & Electronics Engineering Industrial & Manufacturing Engineering Mathematics

Description

SNTIKI adalah Seminar Nasional Teknologi Informasi, Komunikasi dan Industri yang diselenggarakan setiap tahun oleh Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. ISSN 2579 7271 (Print) | ISSN 2579 5406 ...