Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)
Vol 3, No 3 (2020)

Validitas dan Praktikalitas Perangkat Pembelajaran Matematika: Studi Pengembangan di SMPN Islam Teknologi Rambah

Ahmad Zakiamani (Universitas Riau)
Zulkarnain Zulkarnain (Universitas Riau)
Maimunah Maimunah (Universitas Riau)



Article Info

Publish Date
15 Sep 2020

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan yang dialami guru dalam menyusun perangkat pembelajaran berdasarkan acuan kurikulum 2013 serta kurangnya pemahaman guru dalam memilih model pembelajaran yang disarankan oleh kurikulum 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran matematika dengan model penemuan terbimbing yang memenuhi syarat valid dan praktis dalam meningkatkan kemampuan pemahaman matematis peserta didik pada materi bangun ruang sisi datar. Model yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah model 4D (Define, Design, Develop, Desseminate). Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi perangkat pembelajaran (silabus, RPP, LKPD serta instrumen soal pretes dan postes), dan angket respon peserta didik untuk instrumen kepraktisan. Analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah statistik deskriptif. Penelitian ini menghasilkan suatu produk perangkat pembelajaran matematika dengan model penemuan terbimbing yang valid (silabus sebesar 3,93 dengan kategori sangat valid, RPP sebesar 3,84 dengan kategori sangat valid, LKPD sebesar 3,69 dengan kategori valid, instrumen soal pretest sebesar 3,78 dan soal posttest 3,81 dengan kategori valid). Selain itu, perangkat pembelajaran ini memenuhi syarat praktis pada uji coba kelompok kecil dengan rata-rata hasil angket respon peserta didik mencapai 78,17% berada pada kategori praktis. Dengan demikian, perangkat pembelajaran yang dikembangkan sudah memenuhi syarat valid dan praktis untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis peserta didik.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

juring

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Juring: Journal for Research in Mathematics Learning (pISSN 2621-7430 | eISSN 2621-7422) is a peer-reviewed publication with free access. The journal aims to publish original manuscripts on research and review from mathematics learning area. The main objective of the journal is to promote the ...