Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING)
Vol 4 No 1 (2020): COSTING : Journal of Economic, Business and Accounting

Modal Sosial dan Inovasi Terhadap Kinerja Bisnis UMKM

Syukri Hadi (Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia)
Astri Ayu Purwati (Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia)



Article Info

Publish Date
11 Oct 2020

Abstract

Banyak faktor yang dapat mempengaruhi peningkatan kinerja bisnis suatu usaha. Modal merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam menjalankan roda usaha.Namun,tidak semua modal yang diperlukan berupa modal material.Modal sosial merupakan modal yang sangat berpengaruh dalam dunia bisnis.Semakin luas modal sosial yang dimiliki maka akan meningkatkan kinerja usaha.Selain faktor modal sosial,inovasi juga menjadi salah satu faktor peningkatan perkembangan usaha.Inovasi diperlukan dalam menciptakan ide-ide baru yang dibutuhkan dalam mempertahankan roda usaha.Penciptaan inovasi dapat berupa inovasi terhadap produk,proses,pasar serta inovasi organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh modal sosial dan inovasi terhadap Kinerja bisnis UMKM. Penelitian ini menggunakan variabel independen yaitu modal sosial dan inovasi sedangkan variabel dependen yaitu Kineja Bisnis.Sampel penelitian ini adalah pelaku usaha percetakan yang berlokasi di jalan Pangeran Hidayat Pekanbaru. Dan metode penarikan sample menggunakan teknik sensus artinya semua pelaku UMKM percetakan yang berada di jalan Pangeran Hidayat Pekanbaru menjadi sampel yang dikumpulkan melalui kuesioner dengan jumlah 60 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dan pengujian hipotesis menggunakan uji t dan uji F. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa modal sosial dan inovasi secara parsial berpengaruh terhadap kinerja bisnis UMKM. Keywords: Modal Sosial,Inovasi, Kinerja Bisnis UMKM

Copyrights © 2020