Seurune: Jurnal Psikologi Unsyiah
Vol 4, No 1: Januari 2021

KONSEP DIRI DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL PADA SISWA SMAN X ACEH BESAR

Karjuniwati Karjuniwati (UIN Ar-Raniry Aceh)
Lativa Ananda (UIN Ar-Raniry Aceh)
Julianto Julianto (UIN Ar-Raniry Aceh)



Article Info

Publish Date
27 Jan 2021

Abstract

Komunikasi interpersonal merupakan komunikasi dua arah untuk membangun hubungan relasi dan mencapai tujuan yang sama. Dalam membangun komunikasi interpersonal pada siswa terdapat kendala-kendala yang menghambat terbentuk komunikasi interpersonal yang efektif antara siswa dengan siswa ataupun guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan konsep diri dan komunikasi interpersonal pada siswa SMAN X Aceh Besar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jumlah sampel 167 orang. Penentuan sampel dengan teknik stratified random sampling dan analisis hipotesis menggunakan analisis korelasi Pearson. Berdasarkan analisis hipotesis data, diperoleh koefisien korelasi sebesar R= 0.568 dengan p=0.000, yang menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara konsep diri dan komunikasi interpersonal pada siswa SMAN X. Hal ini mengindikasikan bahwa semakin tinggi konsep diri, maka semakin efektif komunikasi interpersonal, sebaliknya semakin rendah konsep diri maka semakin tidak efektif komunikasi interpersonal pada siswa SMAN X Aceh Besar.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

seurune

Publisher

Subject

Humanities Education Health Professions Public Health Social Sciences

Description

Seurune, Unsyiah Psychology Journal receives manuscripts that focused on psychological research and applied psychology. Humanities studies related to psychological science are the scope that also considered in Seurune: Jurnal Psikologi ...