Journal of Psychological Science and Profession
Vol 4, No 3 (2020): Jurnal Psikologi Sains dan Profesi (Journal of Psychological Science and Profess

GAMBARAN COPING STRESS PADA ATLET TIM NASIONAL SEPAKBOLA INDONESIA

Bhagaskara Gemilang Setiawan (Program Studi Magister Psikologi Profesi Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran NPM. 190420170038)
Zainal Abidin (Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran)
Tutty I. Sodjakusumah (Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran)



Article Info

Publish Date
02 Feb 2021

Abstract

Sepakbola merupakan salah satu olahraga kompetitif paling populer di Indonesia. Terlepas dari popularitasnya, Tim Nasional Sepakbola Indonesia sudah lama tidak meraih prestasi internasional. Oleh karena itu, perlu dipahami faktor yang dapat berkontribusi terhadap performa atlet Tim Nasional Sepakbola Indonesia. Stres merupakan faktor yang dapat berpengaruh negatif untuk performa jika tidak dikelola dengan cara yang adaptif. Penting bagi atlet Tim Nasional Sepakbola Indonesia untuk dapat mengelola tekanan dan sumber stres dari situasi kompetitif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran coping stress yang digunakan oleh atlet Tim Nasional Sepakbola Indonesia. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Partisipan terdiri dari 22 atlet laki-laki Tim Nasional Sepakbola Indonesia. Data diperoleh menggunakan kuesioner COPE Inventory. Pengambilan data dilakukan dua hari sebelum pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2022. Hasil penelitian ini menunjukkan mayoritas atlet Tim Nasional Sepakbola Indonesia menggunakan cara coping yang adaptif. Sebagian besar, yaitu sebanyak 13 partisipan (59.1%), menggunakan cara problem focused coping, sementara sebanyak 6 partisipan (27.3%) menggunakan cara coping yang masuk ke dalam emotion focused coping, dan 2 partisipan cenderung menggunakan problem focused coping dan emotion focused coping. Sisanya sebanyak 1 partisipan (4.5%) menggunakan maladaptive coping. Temuan dari penelitian ini bisa menjadi sumber informasi terkait aspek cara penanganan stres yang dilakukan oleh atlet Tim Nasional Sepakbola Indonesia dan sebagai acuan penelitian lanjutan dan intervensi. Coping berperan penting bagi para atlet untuk dapat mengelola stressors yang muncul dari situasi kompetitif kejuaraan internasional dengan adaptif, sehingga mereka dapat menampilkan kemampuan dengan maksimal. 

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jpsp

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Health Professions Social Sciences

Description

Aim: Jurnal ini memuat artikel ilmiah hasil penelitian yang terkait dengan keilmuan dasar psikologi dan penerapannya dalam keprofesian Psikolog. Scope: Adapun bidang psikologi yang termasuk di dalamnya yaitu Psikologi Klinis baik dewasa, anak maupun remaja, Psikologi Industri & Organisasi, Psikologi ...