Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra
Vol 1, No 1 (2014): METAFORA

SPEED READING TEST SEBAGAI MEDIA ALTERNATIF DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA CEPAT PADA SISWA SMP

Nurul Hidayat (SMP Negeri 2 Banyumas, Jawa Tengah, Indonesia)



Article Info

Publish Date
23 Aug 2016

Abstract

Abstrak: Pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia di SMP pada aspek membaca masih belum maksimal. Aspek membaca dianggap oleh siswa dan guru sebagai hal yang biasa dilakukan sejak anak duduk di bangku Sekolah Dasar. Apalagi pada materi membaca cepat, siswa belum menunjukkan tingkat keseriusan. Kurikulum menuntut siswa pada setiap jenjang untuk mampu membaca cepat antara 200 – 250 kata per menit. Kebiasaan siswa membaca dengan : (i) vokalisasi, (ii) menggerakkan bibir, (iii) menggerakkan kepala, (iv) menunjuk dengan jari, (v) regresi, (vi) subvokalisasi menyebabkan siswa tidak mampu membaca cepat. Selain hal tersebut, guru belum menggunakan media yang efektif. Salah satu media yang dapat digunakan dalam pembelajaran membaca cepat adalah dengan media “speed reading test”. Media ini dapat memacu siswa membaca dengan cepat dengan menghilangkan kebiasaan yang menghambat kecepatan membaca tersebut. Selain itu, penggunaan media “speed reading test” sangat mudah, efektif, dan efisien. Mudah digunakan karena media ini dapat melakukannya dan efektif karena alokasi waktu yang dibutuhkan cukup pendek. Kata kunci: membaca cepat, “Tes Membaca Cepat”

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

METAFORA

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra menyediakan forum untuk menerbitkan artikel dan laporan penelitian yang berfokus pada bidang: 1. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2. Kajian Linguistik Bahasa Indonesia 3. Kajian Sastra ...