Jurnal Mikologi Indonesia
Vol 4, No 2 (2020): Desember 2020

Teknik Memanen Makrokonidia dari Dermatofita Microsporum gypseum dan Trichophyton mentagrophytes

Ana Rufaidah (Unknown)
Eko Sugeng Pribadi (Divisi Mikrobiologi Medik, Departemen Ilmu Penyakit Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner, Fakultas Kedokteran Hewan, Institut Pertanian Bogor)
I Ketut Mudite Adnyane (Divisi Anatomi Histologi dan Embriologi, Departemen Anatomi Fisiologi dan Farmakologi, Fakultas Kedokteran Hewan, Institu Pertanian Bogor)



Article Info

Publish Date
15 Dec 2020

Abstract

Dermatofitosis adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh kapang dermatofita. Penelitian ini bertujuan menentukan teknik yang sesuai untuk memanen makrokonidia dan waktu fase eksponensial Microsporum gypseum dan Tricophyton mentagrophytes. Media 1 dan 2 digunakan untuk pembiakan isolat Microsporum gypseum dan Trichophyton mentagrophytes. Media 1 mengandung pepton, dekstrosa, dan kloramfenikol dan pada media 2 memiliki komposisi yang sama dengan media 1 dengan tambahan sikloheksamida. Teknik penggoresan pada permukaan koloni dan penggoyangan tabung dengan vortex digunakan untuk memanen makrokonidia. Makrokonidia dipanen pada hari ke 10, 12, 14, 16, 18, dan 20. Hasil yang didapatkan menunjukkan jumlah rata-rata makrokonidia kapang yang dipanen dengan penggoresan pada permukaan koloni lebih tinggi daripada penggoyangan tabung menggunakan vortex selama masa pertumbuhan hingga hari ke-20. Hasil yang didapatkan juga menunjukkan fase eksponensial telah dimulai pada hari ke-14.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jmi

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Environmental Science Immunology & microbiology

Description

Jurnal Mikologi Indonesia (JMI) adalah jurnal nasional tentang diversitas Fungi di Indonesia yang mempublikasi artikel penelitian, review, metodologi, dan artikel-artikel taksonomi seperti monograf, jenis baru, catatan baru, checklist yang terkait dengan diversitas dan penyebaran Fungi, termasuk ...