LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA
Vol. 11 No. 1 (2021): Mei 2021

PENGARUH PENGGUNAAN DIAGRAM ROUNDHOUSE TERHADAP KETERAMPILAN METAKOGNISI SISWA

wakhidatul hardiyanti (Universitas Trunojoyo Madura)
Yunin Hidayati (Universitas Trunojoyo)
Wiwin Puspita Hadi (Universitas Trunojoyo)
Irsad Rosidi (Universitas Trunojoyo)



Article Info

Publish Date
05 May 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan strategi diagram roundhouse terhadap keterampilan metakognisi siswa. Jenis penelitian adalah quasi experiment dengan desain one group pretest-posttest design. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas VII di SMPN 1 Pungging Mojokerto tahun ajaran 2019/2020 dan sampel penelitian pada kelas VII-H. Instrumen pengambilan data menggunakan tes MSI (metacognitive skills inventory) sebanyak 10 soal essay untuk mengetahui keterampilan metakognisi siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata posttest MSI sebesar 70.0 dengan kategori tinggi. Pengujian hipotesis menggunakan uji t berpasangan. Hasil uji hipotesis menunjukkan thitung sebesar 18.595 dan ttabel sebesar 2.04523 maka thitung ttabel (18.595 2.04523). Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi diagram roundhouse berpengaruh terhadap keterampilan metakognisi siswa.

Copyrights © 2021