Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pendidikan MIPA
Vol 5, No 1 (2021): Vol 5, No 1 (2021)

Workshop Analisis Faktor untuk Data Penelitian Ilmu Sosial dan Kependidikan

Dhoriva Urwatul Wutsqa (Universitas Negeri Yogyakarta)
Kismiantini Kismiantini (Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY)
Muhammad Fauzan (Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY)
Rosita Kusumawati (Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY)
Sahid Sahid (Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY)
Syarifah Inayati (Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY)



Article Info

Publish Date
07 Apr 2021

Abstract

Kegiatan PPM ini bertujuan memberikan pelatihan penggunaan program R dan SPSS dalam penelitian data ilmu sosial dan kependidikan kepada para praktisi lulusan S1, mahasiswa pasca sarjana, dan dosen di lingkungan universitas di Yogyakarta. Penelitian dalam ilmu sosial dan kependidikan seringkali melibatkan banyak variabel yang saling berkorelasi maupun mempunyai korelasi yang tinggi, misalnya dalam pengembangan suatu instrument penelitian. Penghapusan variabel yang mempunyai korelasi tinggi bisa mengakibatkan hilangnya informasi, untuk mengatasi hal tersebut dapat digunakan analisis komponen utama (Principal Component Analysis/PCA). Sedangkan dalam hal menentukan konstruk yang sesuai dari butir-butir soal yang terbentuk dapat dilakukan dengan dua pendekatan yaitu analisis faktor eksplorasi (Exploratory Factor Analysis/EFA) dan analisis faktor konfirmasi (Confirmatory Factor Analysis/CFA). Permasalahan yang terkait dengan reduksi variabel dan pembentukan konstruk pada pengembangan instrument ini merupakan hal yang sangat penting dalam penelitian ilmu sosial dan kependidikan.  Sehingga suatu metode analisis PCA, EFA, dan CFA dengan menggunakan program R dan SPSS mutlak diperlukan. Workshop yang diikuti oleh 26 peserta peserta ini dapat berjalan dengan baik. Berdasarkan pelaksanaan dan evaluasi kegiatan ini dapat disimpulkan bahwa tujuan dapat tercapai dengan baik.

Copyrights © 2021