JURNAL SERAMBI ILMU
Vol 17, No 1 (2016): JURNAL SERAMBI ILMU

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI PENULISAN LAPORAN PERJALANAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE PENUGASAN DI KELAS VIII-1 SEMESTER I TAHUN 2014/2015 SMP NEGERI TUNAS NUSA KABUPATEN ACEH BARAT DAYA

Hasmanidar Hasmanidar (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Oct 2020

Abstract

Penelitian ini berjudul “Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII dalam Menulis laporan perjalanan dengan Menggunakan Metode Penugasan pada SMP Tunas Nusa. Penelitian ini bertujuan  untuk mengetahui apakah penggunaan metode penugasan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada kompetensi dasar menganalisis laporan, pada siswa kelas VIII SMP Tunas Nusa, tahun pelajaran 2011-2012. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri atas 2 siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIII-2  SMP Tunas Nusa, tahun pelajaran 2011-2012 sebanyak 25 siswa. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif  dengan  membandingkan kondisi awal dengan hasil-hasil yang dicapai pada setiap siklus, dan analisis deskriptif kualitatif hasil observasi dengan membandingkan hasil observasi dan refleksi pada siklus I dan siklus II.  Dengan menggunakan metode penugasan pada kompetensi dasar menganalisis laporan pada siswa kelas VIII-2 SMP Tunas Nusa, tahun pelajaran 2011-2012. Hasil penelitian  menunjukkan bahwa penerapan metode pemberian tugas dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada kompetensi dasar menganalisis laporan. Pada akhir siklus I, siswa yang mencapai ketuntasan belajar sebanyak 44% (11 siswa), dan siswa yang belum tuntas sebanyak 56% (14 siswa), sedangkan pada akhir siklus II, sebanyak 92% (23 siswa) sudah mencapai ketuntasan belajar dan sebanyak 8% (2 siswa) belum mencapai ketuntasan belajar. Dengan nilai rata- rata kelas siklus I, 68,2 dan rata- rata kelas siklus II, 81,8. Adapun hasil non tes pengamatan proses belajar menunjukkan perubahan siswa lebih aktif selama proses pembelajaran berlangsung. Secara keseluruhan rata-rata kelas mencapai kenaikan sebesar 37,93%, dan ketuntasan belajar siswa secara keseluruhan mencapai peningkatan sebesar 28% jika dibandingkan dengan kondisi awal. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode penugasan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII-2 SMP Tunas Nusa pada kompetensi dasar  menulis kreatif naskah  drama satu babak dengan memperhatikan keaslian ide.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

serambi-ilmu

Publisher

Subject

Education

Description

Journal Serambi Ilmu is published since 2003, consistence to publishing the orginil manuscript of educational sourced from research results, conceptual ideas, studies and application of theory or literature review that has never been sent or published in other journals ...