cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota banda aceh,
Aceh
INDONESIA
JURNAL SERAMBI ILMU
ISSN : 16934849     EISSN : 25492306     DOI : -
Core Subject : Education,
Journal Serambi Ilmu is published since 2003, consistence to publishing the orginil manuscript of educational sourced from research results, conceptual ideas, studies and application of theory or literature review that has never been sent or published in other journals anywhere
Arjuna Subject : -
Articles 407 Documents
AN OVERVIEW OF ACCULTURATION STRATEGIES APPLIED BY THE INDONESIAN STUDENTS LIVING IN TAIWAN Risaharti, Risaharti; Chilin Wang, Chilin Wang
JURNAL SERAMBI ILMU Vol 30, No 1 (2018)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Serambi Mekkah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (44.129 KB)

Abstract

Abstract This article provides an overview of acculturation strategies applied by the Indonesian students living in Taiwan. The sample was drawn from twenty-six Indonesian students living from northern part to southern part of Taiwan. Data were collected with multiple methods: open question survey, follow-up interviews, emails, and their Facebook (FB) communication. Among the four acculturation strategies proposed by Berry (2005): assimilation, integration, marginalization, and separation, the results from participants’ responses indicated that integration is applied better than other strategies. Separation is the second favored mode used by most Indonesian students to acculturate, while assimilation and marginalization are the least preferred by the Indonesian students. After acculturation efforts they made, it bolds them clearer perception of their cultural identity. Keywords: Acculturation, assimilation, marginalization, and cultural identity
MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TENTANG KONSEP PECAHAN MELALUI BENDA MANIPULATIF Muhamad Saleh, Muhamad Saleh
JURNAL SERAMBI ILMU Vol 17, No 2 (2013)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Serambi Mekkah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (328.084 KB)

Abstract

Abstrak. Materi matematika sekolah didominasi oleh materi yang abstrak. Materi yang abstrak lebih sukar bagi siswa untuk memahaminya, baik siswa pada sekolah dasar dan tidak tertutup kemungkinan bagi siswa pada level yang lebih tinggi. Kenyataan ini dapat kita lihat ketika siswa menemui kesulitan memahami materi yang disajikan dengan abstrak. Mereka dapat keluar dari kesulitan ketika diberikan situasi yang lebih konkret. Untuk itu perlu diupayakan proses pembelajaran yang lebih konkret, terutama ketika siswa baru berhadapan dengan masalah atau tugas yang ingin diselesaikan. Pembelajaran matematika realistik adalah suatu pendekatan pembelajaran yang menghadapkan siswa kepada masalah yang lebih konkret, sehingga masalah yang mereka hadapi lebih mudah dipahami oleh siswa. Ketika siswa secara individual melakukan proses belajar pecahan yang diwujudkan lebih konkret dengan menggunakan benda manipulatif, mungkin saja antara satu siswa dan siswa yang lain memerlukan waktu yang berbeda. Untuk itu perlu diberikan kesempatan yang luas kepada sesama siswa untuk melakukan kegiatan belajar secara berkolaborasi dengan melaksanakan pembelajaran model kooperatif. Melalui pembelajaran kooperatif dengan pendekatan realistic akan menghasilkan siswa yang memahami konsep dan proses pembelajaran akan menjadi lebih menarik karena siswa diajak bekerja sama untuk menyelesaikan permasalahan secara konkret. Pembelajaran kooperatif dengan pendekatan realistik adalah suatu pembelajaran yang mengintegrasikan kooperatif dengan realistic, sehingga siswa merasakan makna dari apa yang dia lakukan. Proses pembelajaran tidak diawali langsung dengan menggunakan simbol-simbol bilangan, namun, setelah siswa memahami konsep tingkat konkret tentu pada level yang lebih tinggi siswa pada akhirnya tanpa menggunakan manipulatif. Kegiatan belajar secara bersama dalam kelompok dapat membantu siswa memahami masalah yang mereka hadapi dan memungkinkan siswa bekerja sesuai dengan jalan pikiran mereka sendiri. Melalui cara ini mengakibatkan, siswa memiliki kesan yang ”berkualitas” karena mereka mengalami langsung dalam menemukan konsep matematika yang dihadapkan dan mereka pelajari. Kata kunci: Pecahan, realistik, manipulatif, kooperatif
PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGUASAI MATERI PEMBELAJARAN MELALUI PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN (PKB) GURU KELAS DI UPTD MAKMUR KABUPATEN BIREUEN Zainuddin, Zainuddin
JURNAL SERAMBI ILMU Vol 30, No 1 (2018)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Serambi Mekkah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (48.286 KB)

Abstract

Abstrak Rendahnya kemampuan guru dalam menguasai materi pembelajaran menjadi penyebab rendahnya kualitas hasil pembelajaran, pengembangan kompetensi profesionalitas guru dalam melaksanakan proses pembelajaran, terbatasnya kemampuan guru dalam menguasai materi ini berujung kepada rendahnya kualitas siswa sebagai lulusan yang bakal mengikuti pembelajaran pada jenjang berikutnya. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui cara meningkatkan kemampuan guru dalam menguasai materi pembelajaran di sekolah, diklat pengembangan keprofesian berkelanjutan dapat meningkatkan kemampuan guru dalam menguasai materi pembelajaran di sekolah dan hasil diklat PKB yang dilaksanakan untuk meningkatkan kemampuan menguasai materi pembelajaran di sekolah. Pembinaan 20 orang guru kelas tinggi dilaksanakan selama 3 bulan dapat meningkatkan kemampuan guru dalam menguasai materi pembelajaran, hasil pembinaan guru dalam kegiatan PKB pada guru-guru kelas tinggi dalam usaha meningkatkan kemampuan menguasai materi pembelajaran di sekolah, dengan perolehan nilai perkembangan dan peningkatanyang signifikan yaitu 70,79 pra siklus 1, meningkat menjadi 78,36 pada siklus 1, dan meningkat lagi para siklus 2 dengan nlai 83,86. Kata Kunci:Menguasai Materi Pembelajaran dan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan
LOOKING INTO THE PROCESS OF TEACHING AND LEARNING ENGLISH FOR SPECIFIC PURPOSES (ESP) AT THE UNIVERSITY LEVEL IN INDONESIA: PROBLEMS AND SOLUTIONS Yoestara, Marisa
JURNAL SERAMBI ILMU Vol 28, No 1 (2017)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Serambi Mekkah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (48.286 KB)

Abstract

Kendala pada proses pembelajaran ESP (English for Specific Purposes) di tingkat universitas di Indonesia datang dari berbagai sisi, yakni berupa permasalahan dari sisi mahasiswa, dari sisi dosen, dan dari sisi sistem pembelajaran yang diterapkan di tiap-tiap universitas. Untuk menyelesaikan masalah-masalah tersebut, dosen/pengajar ESP disarankan untuk mengaplikasikan proses langkah demi langkah yang berfokus pada tahapan persiapan pembelajaran, dimulai dengan mengadakan needs analysis (analisis kebutuhan terhadap pembelajaran bahasa Inggris), menyusun rancangan pembelajaran, serta memilih dan mengembangkan bahan ajar yang sesuai. Oleh karena solusi tersebut telah dibuktikan secara theori dan praktek, diharapakan proses pembelajaran ESP di level universitas meningkat, khususnya untuk membantu mahasiswa dalam mencapai tujuan pembelajaran bahasa Inggris yang sesuai dengan bidangnya.
PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU DI MTsN RUKOH BANDA ACEH Cut Nurul, Cut Nurul; Eli Nurliza, Eli Nurliza
JURNAL SERAMBI ILMU Vol 30, No 1 (2018)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Serambi Mekkah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (48.286 KB)

Abstract

Abstrak Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru pada MTsN Rukoh Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, kuesioner, dokumentasi dan wawancara. Analisis data menggunakan teknik korelasi dan regresi dengan program SPSS 17.0. Populasi/sampel dalam penelitian ini adalah semua guru di MTsN Rukoh Banda Aceh yang berjumlah 37 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru tergambar dari kemampuan kepala sekolah dalam menjalin hubungan kerjasama dan koordinasi dengan berbagai pihak yang didasari oleh adanya keterampilan dan perilaku kepala sekolah yang kondusif. Koefisien regresi diperoleh sebesar 0.775, artinya setiap perubahan kepemimpinan kepala sekolah secara relatif akan mempengaruhi kinerja guru sebesar 77.5%. Kata Kunci: Kepemimpinan, Kepala Sekolah dan Kinerja Guru
PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KONSTITUSI MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN BERBANTUAN LKS WORD SQUARE DI KELAS X-I SMA NEGERI PEUKAN BADA ACEH BESAR Akhyar, Akhyar
JURNAL SERAMBI ILMU Vol 28, No 1 (2017)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Serambi Mekkah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (48.286 KB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi konstitusi melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dengan berbantuan LKS  Word Square di Kelas X-I SMA Negeri Peukan Bada Aceh Besar. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-I SMA Negeri Peukan Bada Aceh Besar yang aktif selama tahun pelajaran 2016/2017 dengan jumlah siswa sebanyak 28 orang yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Pelaksanaan penelitian ini terdiri atas dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Tahap pelaksanaan dalam setiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi, menggunakan tes, dan dokumentasi. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas siswa, dan soal tes berupa soal pilihan ganda. Analisis data dilakukan dengan analisis deskrptif kualitatif dan kuantitatif dengan menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukan rata-rata persentase aktivitas belajar siswa pada siklus I adalah 71,88% dan pada siklus II adalah 79,91%, dan ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I adalah 75% dan menjadi 86% pada siklus II, dengan rata-rata kelas mencapai 71,43 pada siklus I dan 76,07 pada siklus II. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dengan berbantuan LKS Word Square dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X-I SMA Negeri Peukan Bada Acedh Besar pada materi Konstitusi.
PENGARUH PROGRAM PERKULIAHAN BIOLOGI KONSERVASI DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL BERBASIS KEARIFAN LOKAL ACEH TERHADAP PENINGKATAN LITERASI LINGKUNGAN Evi Apriana, Evi Apriana
JURNAL SERAMBI ILMU Vol 28, No 1 (2017)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Serambi Mekkah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (48.286 KB)

Abstract

ABSTRACT: This study aimed to collect information relating to the influence of conservation biology lecture program through Acehnese local wisdom-based contextual approach to improving the environmental literacy. The study was conducted using Quasi Experiment design with One Group Pretest-Postest Design and involved a number of students (n = 33) of the VI semester who opted Conservation Biology course as a research subject. One group was given pretest and postest. The tests were used to measure the environmental literacy based on six components and 40 sub-components of environmental literacy. Experimental groups were treated with conservation biology course through Acehnese local wisdom-based contextual approach. Qualitative data analysis techniques derived from direct observations and analyzed descriptively, while quantitative data were obtained from the pre-test and post-test score, analyzed using excel program and statistical tests through normalized gain. From the pretest, posttest, and learning observations, it was obtained that conservation biology lecture program through Acehnese local wisdom-based contextual approach can improve the environmental literacy of students. Improved learning outcomes occurred in the superior, medium, and low group, in all components of environmental literacy and all sub-components in the components of environmental literacy. The largest increased learning outcomes were seen in the component of cognitive skills while the smallest was showed in the components of knowledge regarding environmental issues, problems and measures (environmentally responsibled behavior). Key words: Acehnese local wisdom-based contextual approach, environmental literacy, environmental literacy components, sub components of environmental literacy
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI UNTUK MENINGKATAN HASIL BELAJAR KIMIA PADA MATERI HIDROKARBON Rosniar, Rosniar; Salawati, Salawati
JURNAL SERAMBI ILMU Vol 30, No 1 (2018)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Serambi Mekkah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (48.286 KB)

Abstract

Abstract The purpose of this research was to improve learning achievement of students through the implementation of learning cooperatif model type TAI in Hydrocarbon concept. And to improve learning activities of student through the implementation of learning cooperatif model type TAI in Hydrocarbon lesson. This research was a classroom action research with two cycle. The subjecof this research were 25 students of class X-2 MAN Rukoh Banda Aceh. The data was collected through providing learning achievement of students and observation of students’ activity. That data was analysed using presentage method. Based on the research reslut was implementation of learning cooperatif model type TAI could improve the learning achievement of student in cycle I and Cycle II. It could be seen from the results of research showing 40% of students had passed learning in cycle I and 92% in cycle II. Based the result of study, it is can be conclude that the implementation of learning cooperatif model type TAI can improve learning achievement of students and could improve learning activities of student in Hydrocarbon lesson. Keywords : learning cooperatif TAI, Learning Achievement, Students’ activities
PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN PPKn MATERI HAK AZASI MANUSIA KELAS XI-2 SMA NEGERI SUKAMAKMUR ACEH BESAR Tamarli, Tamarli
JURNAL SERAMBI ILMU Vol 28, No 1 (2017)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Serambi Mekkah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (48.286 KB)

Abstract

Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan media gambar dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran PPKn materi Hak Azasi Munusia siswa  kelas IX-2 SMA Negeri Sukamakmur Aceh Besar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI-2 SMA Negeri Sukamakmur Aceh Besar yang berjumlah 26 orang terdiri dari 11 laki-laki dan 15 perempuan. Penelitian ini merupakan Penelitian yang dilaksanakan terdiri dari 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Proses penelitian terdiri dari 4 langkah yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Jenis data yang diambil antara lain kemampuan berpikir kritis siswa melalui tes, dan melalui teknik non tes yaitu mengamati aktivitas  siswa melalui lembar observasi lembar observasi kemampuan berpikir kritis siswa pada saat pembelajaran. Data hasil penelitian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif dan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil yang diperoleh sudah mencapai indikator keberhasilan yang diharapkan. Hal ini terbukti dari hasil observasi kemampuan berpikir kritis siswa yang menunjukkan adanya peningkatan dari 57,12% pada siklus I menjadi 76,35% pada siklus II. Dan data hasil tes kemampuan berpikir kritis siswa yang juga menunjukkan adanya peningkatan yaitu siklus I skor rata-ratanya sebesar 296 dengan kategori tingkat kekritisan rendah, pada siklus II menjadi 355 dengan kategori tingkat kekritisan tinggi. Dari hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa penggunaan media gambar dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.
PORTOFOLIO ASSESSMENT PADA GEOMETRI BIDANG PGSD: PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN Burhanuddin, Burhanuddin; Murni, Murni
JURNAL SERAMBI ILMU Vol 19, No 2 (2014)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Serambi Mekkah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (230.048 KB)

Abstract

Abstrak Dalam memahami kosep-konsep, geometri bidang dianggap mata kuliah salah satu mata kuliah yang sukar. Hal ini di sebabkan karena geometri bidang dianggap mempunyai tingkat kesukaran yang tinggi dan sulitnya penyesuaian mahasiswa dengan pembelajaran yang ada di dunia barunya yaitu universitas. Selain itu, penilaian dosen juga dianggap lebih menitikberatkan pada aspek kognitif saja. Oleh karena itu, perlu adanya penilaian yang dapat mengembangkan kesuluruhan aspek (kognitif, afektif, psikomotorik, dan emosional) yaitu authentic assessment dengan portofolio.Target khusus dalam penelitian ini adalah: (1) dapat menghasilkan instrumen Portopolio Asessment pada Pembelajaran Giometri Bidang yang dilengkapi dengan kontrak perkuliahan (SAP); (2) Buku Panduan Mahasiswa; (3) Lembar Kerja Mahasiswa; (4) Buku Pegangan Guru SD dalam pembelajaran Giometri Bidang SD; (5) Jurnal Internasional; (6) Jurnal Nasional; (7) Workshop Guru SD Aceh Besar. Penelitian ini dilakukan dengan sampelnya yaitu mahasiswa PGSD di Universitas Serambi Mekkah, karena diharapkan nantinya mereka dapat mempraktekannya langsung untuk siswa-siswa di SD yang merupakan level awal khususnya dalam mempelajari geometri (Tujuan Jangka Panjang). Pengembangan penelitian ini dilakukan mengikuti 5 (lima) tahapan pengembangan Plomp yang dimodifikasi dengan memandu tahapan pengembangan material (produk) oleh Nieveen dengan memperhatikan 3 aspek kualitas, yakni aspek kevalidan, aspek kepraktisan, dan aspek keefektifan (Metode). Sehingga diharapkan mendapat suatu penilaian geometri yang menilai keseluruhan aspek. Untuk menyadarkan mahasiswa semakin mengetahui dan menyadari pentingnya selalu meningkatkan Kualitas Kemampuan Berfikir Kritis dalam Melaksanakan Pembelajaran Giometri di SD. Bertujuan agar mahasiswa PGSD semakin mengetahui dan menyadari bahwa aspek penilaian tidak hanya unsur kognitif, melainkan juga aspek psikomotorik dan afektif untuk dapat meningkatkan kreativitas mahasiswa PGSD dalam pembelajaran Giometri Bidang. Bagi Mahasiswa PGSD, dapat dijadikan sebagai tahap awal pelatihan dalam mengaplikasikan kurikulum 2013 pada mata kuliah Pembelajaran Giometri Bidang Keyword: assessment, portofolio, geometri bidang, PGSD, Pembelajaran Matematika

Page 1 of 41 | Total Record : 407


Filter by Year

2010 2022


Filter By Issues
All Issue Vol 23, No 1 (2022): Serambi Ilmu Vol 22, No 2 (2021): JURNAL SERAMBI ILMU Vol 22, No 1 (2021): JURNAL SERAMBI ILMU Vol 21, No 2 (2020): JURNAL SERAMBI ILMU Vol 21, No 1 (2020): Jurnal Serambi Ilmu Vol 20, No 2 (2019): JURNAL SERAMBI ILMU Vol 20, No 1 (2019): JURNAL SERAMBI ILMU Vol 20, No 1 (2019): Jurnal Serambi Ilmu Vol 19, No 2 (2018): Jurnal Serambi Ilmu Vol 19, No 1 (2018): Jurnal Serambi Ilmu Vol 30, No 2 (2018) Vol 30, No 1 (2018) Vol 19, No 2 (2018): Jurnal Serambi Ilmu Vol 19, No 1 (2018): Jurnal Serambi Ilmu Vol 18, No 2 (2017): Jurnal Serambi Ilmu Vol 18, No 1 (2017): Jurnal Serambi Ilmu Vol 28, No 1 (2017) Vol 18, No 2 (2017): Jurnal Serambi Ilmu Vol 18, No 1 (2017): Jurnal Serambi Ilmu Vol 17, No 3 (2016): Jurnal Serambi Ilmu Vol 17, No 2 (2016): Jurnal Serambi Ilmu Vol 17, No 1 (2016): JURNAL SERAMBI ILMU Vol 17, No 2 (2016): Jurnal Serambi Ilmu Vol 17, No 1 (2016): Jurnal Serambi Ilmu Vol 16, No 2 (2015): Jurnal Serambi Ilmu Vol 16, No 1 (2015): Jurnal Serambi Ilmu Vol 16, No 2 (2015): Jurnal Serambi Ilmu Vol 16, No 1 (2015): Jurnal Serambi Ilmu Vol 15, No 2 (2014): Jurnal Serambi Ilmu Vol 15, No 1 (2014): Jurnal Serambi Ilmu Vol 19, No 2 (2014) Vol 15, No 2 (2014): Jurnal Serambi Ilmu Vol 15, No 1 (2014): Jurnal Serambi Ilmu Vol 14, No 2 (2013): Jurnal Serambi Ilmu Vol 14, No 1 (2013): Jurnal Serambi Ilmu Vol 17, No 2 (2013) Vol 14, No 2 (2013): Jurnal Serambi Ilmu Vol 14, No 1 (2013): Jurnal Serambi Ilmu Vol 13, No 2 (2012): Jurnal Serambi Ilmu Vol 13, No 1 (2012): JURNAL SERAMBI ILMU Vol 13, No 2 (2012): Jurnal Serambi Ilmu Vol 13, No 1 (2012): JURNAL SERAMBI ILMU Vol 12, No 2 (2011): Jurnal Serambi Ilmu Vol 12, No 1 (2011): JURNAL SERAMBI ILMU Vol 12, No 1 (2011): JURNAL SERAMBI ILMU Vol 11, No 2 (2010): JURNAL SERAMBI ILMU Vol 11, No 1 (2010): Jurnal Serambi Ilmu More Issue