PINTER : Jurnal Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer
Vol 2 No 2 (2018): Jurnal PINTER

Perancangan Media Komunikasi Visual Sebagai Sarana Promosi Objek Wisata Air Terjun Sri Gethuk Yogyakarta

Yetsa Karina (Universitas Negeri Jakarta)
Prasetyo Wibowo Yunanto (Universitas Negeri Jakarta)
Bachren Zaini (Universitas Negeri Jakarta)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2018

Abstract

Air terjun Sri Gethuk yang berlokasi di desa Bleberan, kecamatan Playen, kabupaten Gunung Kidul, merupakan salah satu obyek wisata di Gunung Kidul dimana kita dapat melihat indahnya air terjun, dan sungai yang diapit tebing-tebing tinggi. Melihat potensi yang dimiliki obyek wisata air terjun Sri Gethuk ini namun pengunjung masih sangat minim, maka dibutuhkan suatu usaha promosi. Salah satu cara untuk melakukan promosi adalah dengan membuat media promosi dengan menerapkan unsur dan prinsip desain komunikasi visual. Untuk itu timbul pertanyaan bagaimana merancang media komunikasi visual pariwisata air terjun Sri Gethuk agar dapat menarik wisatawan untuk berkunjung? Melalui media komunikasi visual yang dirancang diharapkan masyarakat akan lebih mengenal keberadaan air terjun Sri Gethuk dan ingin berkunjung serta menikmati fasilitas-fasilitas yang ditawarkan. Metode yang digunakan dalam perancangan ini menggunakan metode research and development, yaitu metode pengembangan desain. Metode pengembangan desain terdiri dari brief from client, data gathering, brainstrom, idea, thumbnails, comprehensive dan fisinished artwok. Dari data yang diperoleh kemudian dianalisa menggunakan metode deskriptif kualitatif. Media yang dibuat untuk mempromosikan air terjun Sri Gethuk terdiri dari logotype, brosur, poster, spanduk, x-banner, sign/penunjuk jalan dan stiker. Konsep desain yang digunakan menonjolkan unsur natural yang asri di air terjun Sri Gethuk Dari hasil uji efektifitas mayoritas dari 100 orang responden beranggapan bahwa informasi-informasi yang disampaikan dalam media-media promosi sudah membantu responden untuk mengetahui informasi objek air terjun Sri Gethuk. Mayoritas responden juga tertarik untuk berkunjung ke air terjun Sri Gethuk setelah melihat media-media promosi objek wisata air terjun Sri Gethuk. Jadi, media-media promosi yang telah dibuat sudah efektif dan dapat memecahkan permasalahan yang terjadi di dalam objek wisata tersebut, yaitu mempromosikan objek air terjun Sri Gethuk kepada wisatawan dan menarik wisatawan untuk datang berkunjung ke objek wisata air terjun Sri Gethuk.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

pinter

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Engineering Library & Information Science

Description

Bentuk publikasi hasil-hasil riset atau penelitian bidang Metode Pengajaran TIK, Ilmu Komputer, Sistem Informasi, Multi Media, Komputer Jaringan, Rekayasa Perangkat Lunak dan Teknologi ...