Tarbawi : Jurnal Ilmu Pendidikan
Vol. 16 No. 2 (2020): Tarbawi : Jurnal Ilmu Pendidikan

Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa pada Pokok Bahasan Teorema Phytagoras

Loria Wahyuni (STKIP Muhammadiyah Sungai Penuh)
Nining Huriyati (STKIP Muhammadiyah Sungai Penuh)



Article Info

Publish Date
09 Dec 2020

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan sikap tanggung jawab siswa dalam pembelajaran masih kurang dalam hal menyelesaikan tugas individu. Model pembelajaran konvensional yang digunakan oleh guru kurang sesuai dengan spesifikasi materi pelajaran, sehingga pembelajaran yang dilakukan kurang memberi kesempatan seluas-luasnya bagi siswa untuk aktif mengkonstruksikan pengetahuan dan keterampilannya serta kurang mempertimbangkan hakikat gaya belajar siswa. Berdasarkan hal tersebut maka penulis ingin mengadakan penelitian dengan tujuan untuk melihat pengaruh model pembelajaran picture and picture yang diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa dan mengatasi masalah tersebut di atas. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Dimana Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas VIIIA, VIII B Dan VIII C yang berjumlah 3 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 62 siswa dengan kelas eksperimen adalah kelas VIII A dan keas control adalah VIII C. Teknik analisis data yang digunakan meliputi uji normalitas, homogenitas, kesamaan rata-rata dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran picture and picture terhadap hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan Teorema Phytagoras. Selanjutnya rekomendasi atau saran untuk penelitian berikutnya adalah supaya menggunakan model pembelajaran picture and picture disertai dengan media animasi yang bias membuat peserta didik menjadi lebih tertarik dalam megikuti pembelajaran matematika.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

tarbawi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Tarbawi: Jurnal Ilmu Pendidikan (e-ISSN 2615-6547, p-ISSN 1858-1080 is a peer-reviewed (double blind review) journal published by Faculty of Education and Teacher Training, State Islamic Institute of Kerinci. The goal of this journal is to facilitate scholars, researchers, and teachers for ...