cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. kerinci,
Jambi
INDONESIA
Tarbawi : Jurnal Ilmu Pendidikan
ISSN : 26156547     EISSN : 18581080     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Tarbawi: Jurnal Ilmu Pendidikan (e-ISSN 2615-6547, p-ISSN 1858-1080 is a peer-reviewed (double blind review) journal published by Faculty of Education and Teacher Training, State Islamic Institute of Kerinci. The goal of this journal is to facilitate scholars, researchers, and teachers for publishing the original research articles or review articles. Jurnal Tarbawi published two editions in one year in July and December.
Arjuna Subject : -
Articles 212 Documents
PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER CERDAS FORMAT KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN NILAI KEJUJURAN MAHASISWA BIMBINGAN KONSELING ISLAM (BKI) INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) KERINCI Sujadi, Eko
Tarbawi : Jurnal Ilmu Pendidikan Vol 13 No 1 (2017): Tarbawi
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kerinci

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (653.507 KB)

Abstract

Perubahan sosial yang begitu cepat (rapid social change) secara jelas telah mempengaruhi gaya hidup masyarakat. Perubahan tersebut juga mengakibatkan terjadinya pergeseran nilai-nilai. Salah satu nilai yang mengalami perubahan adalah kejujuran. Penelitian ini bertujuan mengungkap efektivitas penerapan Pendidikan karakter cerdas format kelompok untuk meningkatkan nilai kejujuran mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan rancangan  pretest and posttest control group design. Teknik pengambilan data dengan menggunakan purposive sampling. kemudian dianalisis dengan menggunakan Wilcoxson Signed Ranks Test dan Kolmogorov-Smirnov Two Sampel.Temuan dari penelitian ini adalah: 1) terdapat peningkatan kejujuran mahasiswa Jurusan Bimbingan dan Konseling Islam sebagai kelompok eksperimen, sebelum dan sesudah diberi perlakuan; 2) tidak terdapat peningkatan kejujuran mahasiswa Jurusan Bimbingan dan Konseling Islam sebagai kelompok kontrol pada pretest dan posttest; dan 3) terdapat perbedaan yang signifikan kejujuran mahasiswa JurusanBKI IAIN Kerinci pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol.
KONSEP HUBUNGAN LAFAZ DAN MAKNA (Sebuah Kajian Epistimologis) Ardinal, Eva
Tarbawi : Jurnal Ilmu Pendidikan Vol 1 No 1 (2016)
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kerinci

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (746.56 KB)

Abstract

KONSEP HUBUNGAN LAFAZ DAN MAKNA (Sebuah Kajian Epistimologis)
THE STUDENTS’ PROBLEMS IN IDENTIFYING /k/ AND /s/ PHONEMES AT STAIN KERINCI Indrayadi, Toni
Tarbawi : Jurnal Ilmu Pendidikan Vol 1 No 2 (2016)
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kerinci

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (502.651 KB)

Abstract

Jurnal ini ditulis untuk  mengetahui masalah yang dihadapi siswa dalam mengidentifikasikan bunyi /k/ dan /s/ dalam Bahasa Inggris di STAIN Kerinci. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif qualitative. Data penelitian ini adalah hasil tes pronunciation dan  wawancara dengan mahasiswa. Hasil penelitian deskriptif ini menunjukkan bahwa mahasiswa mahasiswa menemukan kendala dalam mengidentifikasikan bunyi /k/ dan bunyi /s/. Mereka beranggapan bahawa hanya huruf k yang diikuti oleh vokal saja yang dilafalkan /k/ sedangkan huruf c yang diikuti oleh oleh huruf h tidak dilafalkan /k/. Kemudian untuk bunyi /s/ yang diawali dengan huruf /s/ tidak dilafalkan /s/ dan juga kendala dalam mengidentikasikan bunyi disebabkan oleh kurangnya pengetahuan siswa tentang cara mengidentifikasikan bunyi dalam bahasa inggris, serta adanya pengaruh dari bahasa ibu meraka ketika melafalkan bunyi dalam bahasa inggris.
PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING/KONSELOR DALAM MENGURANGI TINGKAT PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA DI SEKOLAH Juliawati, Dosi
Tarbawi : Jurnal Ilmu Pendidikan Vol 1 No 2 (2016)
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kerinci

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (245.953 KB)

Abstract

Prokrastinasi akademik merupakan penundaan yang dilakukan secara sengaja dan berulang-ulang memulai maupun menyelesaikan tugas-tugas yang berhubungan dengan bidang akademik, sehingga menghambat kinerja dalam rentang waktu terbatas yang akhirnya menimbulkan perasaan cemas pada pelakunya. Guru BK/Konselor memiliki peranan penting dalam mengurangi tingkat prokrastinasi akademik siswa di sekolah dengan memberikan pelayanan yang efisien dan komprehensif kepada seluruh siswa dalam menangani perilaku prokrastinasi akademik siswa.
STUDI KASUS TERHADAP MAHASISWA YANG MENIKAH SAAT MENEMPUH MASA KULIAH Juliawati, Dosi
Tarbawi : Jurnal Ilmu Pendidikan Vol 13 No 2 (2017): Tarbawi
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kerinci

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (249.323 KB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya mahasiswa yang memutuskan menikah muda di saat sedang menempuh masa kuliah sehingga ada peran ganda yang dijalani oleh mahasiswa tersebut dalam menjalankan tugas dan fungsinya dalam melanjutkan pendidikan dan berkeluarga. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengungkap motivasi mahasiswa menikah muda, kehidupan pernikahan, perubahan setelah menikah dan kegiatan perkuliahan yang dijalaninya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus instrinsik. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa Jurusan Bimbingan dan Konseling Islam IAIN Kerinci yang sudah menikah dan sedang menjalankan masa kuliah sebanyak 2 orang informan kunci dan 1 orang informan tambahan. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara semi terstruktur dan di analisis dengan tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa motivasi menikah pasangan AG dan RN  yaitu karena takut berbuat dosa, karena rasa kasih sayang dan cinta di antara mereka, untuk membuka pintu rezeki dan dorongan dari orangtua mereka. Bentuk kehidupan pernikahan mereka terkait dengan penyesuaian diri dengan pasangan dan keluarga pasangan mempunyai kendala dengan bahasa sehari-hari karena mereka beda budaya. Untuk masalah ekonomi, pasangan ini sudah bisa mandiri tanpa bantuan dari orangtua mereka termasuk biaya kuliah SPP semester. Perubahan partisipan setelah menikah secara pribadi mereka meresa lebih dewasa dengan bertambahnya tanggung jawab sehingga secara psikologis sedikit membebani mereka dan secara psikologis mereka sudah mendapatkan rasa kasih sayang dan perhatian dari pasangan mereka. Kemudian secara sosial, mereka sudah jarang berkumpul dengan teman-teman kuliah mereka. Perkuliahan yang mereka jalni tidak memiliki kendala yang berarti, hal ini dikarenakan mereka memiliki manajemen tugas dan manajemen waktu yang baik, memiliki rasa tanggung jawab dan memiliki rasa sosial yang baik antar sesama.
PEMBINAAN PESERTA DIDIK DALAM PENINGKATAN KEDISIPLINAN DI SEKOLAH Pitriani, Pitriani
Tarbawi : Jurnal Ilmu Pendidikan Vol 1 No 2 (2016)
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kerinci

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (182.126 KB)

Abstract

Pendidikan merupakan faktor utama dalam membangun sumber daya manusia yang berkualitas. Dengan kata lain, pendidikan adalah aspek yang menentukan masa depan yang lebih baik bagi peserta didik. Karena pada dasarnya pendidikan bertujuan mengembangkan berbagai potensi diri yang ada pada diri peserta didik agar peserta didik menjadi kreatif, berilmu, mandiri, cakap, berakhlak mulia, serta mempunyai keterampilan. Untuk tercapainya hal tersebut tentu tidak lepas dari kedisiplinan peserta didik, dimulai dari orang tua dalam membimbing dan menanamkan kedisplinan di dalam keluarga kepada anak-anak mereka dirumah dan juga guru ketika peserta didik berada disekolah dalam memberikan bimbingan dan arahan kepada peserta didik untuk mengikuti dan mentaati peraturan disekolah, sehingga tercapai kedisiplinan peserta didik dalam proses belajar mengajar dan mentaati peraturan yang telah ditetapkan. Pembinaan yang dilakukan untuk membentuk kedisiplinan peserta didik disekolah seperti memberi bimbingan, arahan kepada peserta didik, dengan sabar dan terus menerus sehingga mereka terbiasa dan memahami aturan-aturan dari sekolah. Memilih metode belajar yang menyenangkan dan membangun kedekatan antara guru dengan peserta didik layaknya seorang sahabat dengan sahabat, sehingga peserta didik merasa percaya dan nyaman dalam mengikuti proses belajar mengajar, sehingga meningkatkan kedisiplinan peserta didik, dalam mengikuti pelajaran. Menjalin kerjasama antara guru dengan orang tua. Kerjasama antara guru dan orang tua sangat penting sekali dilakukan karena guru dan orang tua, memiliki tanggung jawab yang sama untuk pembinaan terhadap peserta didik sehingga peningkatan kedisiplinan peserta didik disekolah dapat dicapai.
PENERAPAN SUGESTI PADA LAYANAN KONSELING PERORANGAN DALAM MENGURANGI PERILAKU MEROKOK PADA SISWA DI SEKOLAH Yandri, Hengki
Tarbawi : Jurnal Ilmu Pendidikan Vol 1 No 2 (2016)
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kerinci

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (165.281 KB)

Abstract

Setiap orang menyadari bahwa merokok merupakan kebiasaan hidup yang tidak sehat, namun berbeda dengan siswa di sekolah yang masih berada pada masa remaja. Merokok bagi mereka merupakan salah satu cara untuk bersosialisasi dan menunjukkan kesetiakawanannya kepada teman satu kelompoknya. Hal ini dikarenakan kurangnya informasi dan pengetahuan mereka akan bahaya merokok. Guru BK/Konselor di sekolah salah satu pendidik yang memiliki tanggung jawab untuk mengurangi perilaku merokok pada siswa di sekolah, salah satu kegiatan yang bisa dilakukan oleh Guru BK/Konselor agar perilaku merokok pada siswa bisa berkurang yaitu dengan menerapkan sugesti pada layanan konseling perorangan terhadap siswa yang terindikasi merokok.
SENYAWA KIMIA BAHAN ALAM TERPENOID Ramadani, Ramadani
Tarbawi : Jurnal Ilmu Pendidikan Vol 1 No 1 (2016)
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kerinci

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (233.701 KB)

Abstract

SENYAWA KIMIA BAHAN ALAM TERPENOID
PENGEMBANGAN METODE PEMBELAJARAN FIQH UNTUK SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) Syukrawati, Syukrawati
Tarbawi : Jurnal Ilmu Pendidikan Vol 1 No 2 (2016)
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kerinci

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (263.438 KB)

Abstract

selama ini fiqh diajarkan dengan metode yang relatif konvensional. Artinya, proses belajar mengajar dilakukan dengan cara penyampaian materi, dilanjutkan dengan menghafal dan praktik, sehingga bagi sebagian siswa terkesan monoton dan membosankan. Tidak jarang pula, karena alasan mengejar target kurikulum, para pendidik membebani siswa dengan materi yang begitu banyak tanpa memperdulikan apakah siswa telah benar-benar paham, tertarik dengan yang diajarkan atau tidak. Padahal suasana belajar yang monoton akan menciptakan suasana yang tidak nyaman bahkan bisa mengakibatkan stres. Kondisi yang tidak kondusif ini akan sangat menyulitkan untuk meningkatkan minat belajar fiqh dan dapat mencapai hasil belajar yang optimal. Sehingga dibutuhkan suatu upaya pengembangan metode pembelajaran fiqh yang sesuai, tepat dan menyenangkan. 
PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL (EQ) DAN PRESTASI BELAJAR DENGAN ETIKA BERKOMUNIKASI MAHASISWA IAIN KERINCI Ramadani, Ramadani
Tarbawi : Jurnal Ilmu Pendidikan Vol 13 No 2 (2017): Tarbawi
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kerinci

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (376.605 KB)

Abstract

Etika komunikasi yang didasari kecerdasan emosional mahasiswa yang tinggi dapat mendorong terciptanya atmosfer akademik yang baik. Penelitian ini untuk mengetahui hubungan kecerdasan emosional dengan etika komunikasi dalam menciptakan atmosfer akademik. Penelitian ini dilakukan dilalukan di IAIN Kerinci dengan menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan rancangan korelasional. Sampel sebanyak 273 orang yang terdiri dari mahasiswa semester VII Tahun 2017/2018. Data dianalisis secara deskriptif korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional dan etika komunikasi dalam kaitannya dengan penciptaan atmosfer akademik (p-values =0.000). Dimensi kecerdasan emosional yang memberikan pengaruh yang paling tinggi adalah membina hubungan dengan orang lain (social skill) sebesar 74,9 %, dan yang paling kecil adalah mengelolah emosi (managing emotion ) sebesar 20.9%. Sumbangan kecerdasan emosional secara keseluruhan terhadap etika komunikasi sebanyak 69.1% selebihnya 30.9% dipengaruhi oleh faktor lain. Dalam menciptakan atmosfer akademik, universitas tidak cukup hanya meningkatkan IQ (kecerdasan intelektual) saja tetapi juga perlu meningkatkan prestasi belajar bagi mahasiswa.

Page 1 of 22 | Total Record : 212