PENDIPA Journal of Science Education
Vol 5, No 3 (2021): JULY - OCTOBER

Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri tipe 5E berbasis Scaffolding sebagai Transfer Tanggung Jawab Kelas VIII di SMPN 1 Kota Jambi

Desi Puspita Sari (Universitas Jambi)
Muhammad Rusdi (Universitas Jambi)
Evita Anggereini (Universitas Jambi)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2021

Abstract

Penelitian tentang scaffolding ini bertujuan untuk mengetahui bantuan apa yang tepat diberikan guru kepada peserta didik dalam menguasai beberapa teknik belajar yang sesuai dengan model pembelajaran yang digunakan. Scaffolding dapat berbentuk verbal ( fokus pada pengembangan bahasa), prosedural (teknik pengelompokan dan kerangka kegiatan), dan berbentuk tools ( alat yang mendukung pembelajaran ). Scaffolding dapat diberikan setelah melakukan dynamics assessment di kelas. Penelitian ini dilakukan dengan mempersiapkan perancah proseduraldalam bentuk LKPD dan dipraktekkan di kelas dalam pembelajaran untuk mendapatkan dinamika fading dan transfer tanggung jawab komponen aktivitas pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri tipe 5E yaitu Engage, Explore, Explain, Elaborate, dan Evaluate . Penelitian ini merupakan tindakan tindakan kelas yang berlangsung secara tiga siklus. Tiap tahap perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Jenis data dalam penelitian ini berupa data tindakan guru dan tindakan siswa dalam bentuk lembar observasi dan data penelitian keterampilan kelompok dengan tahapan 5E melalui LKPD yang telah dirancang. Hasil penelitian menunjukkan adanya transfer tanggung jawab dari guru ke peserta didik.Pada akhirnya, memberikan evaluasi yang berkualitas, memungkinkan peserta didik untuk melaksanakan tugasnya sebagai siswa dengan baik.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

pendipa

Publisher

Subject

Chemistry Education Mathematics

Description

PENDIPA Journal of Science Education is a peer-reviewed, open-access journal covered all aspect of science and science education. PENDIPA journal welcomes the submission of scientific articles related to mathematics, physics, chemistry, biology, and its educational implementation in a school, higher ...