PENDIPA Journal of Science Education
Vol 5, No 2 (2021): MARCH - JUNE

Mendeskripsikan Keterampilan Proses Sains Siswa melalui Kegiatan Praktikum Viskositas di SMAN 1 Muaro Jambi

Riska Fitriani (Universitas Jambi)
Shella Maryani (Universitas Jambi)
Diki Chen (Universitas Jambi)
Febri Tia Aldila (Universitas Jambi)
Agnes Aktapianti Br.Ginting (Universitas Jambi)
Nanda Hasbullah Sehab (Universitas Jambi)
Mashelin Wulandari (Universitas Jambi)



Article Info

Publish Date
25 Jan 2021

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk  mendeskripsikan keterampilan proses sains siswa IPA kelas XI di SMAN 1 Muaro Jambi melalui kegiatan praktikum fisika materi viskositas. Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan pada bulan November tahun 2020. Populasi  dalam  penelitian  ini  adalah seluruh  siswa  kelas  XI  IPA 2  di  SMAN 1 Muaro Jambi yang berjumlah 30 orang siswa dan data dikumpulkan menggunakan teknik total sampling. Dalam penelitian ini digunakan instrumen penelitian berupa lembar observasi (LO) keterampilan proses sains (KPS) yang sudah divalidasi oleh validator ahli, kemudian data dari keterampilan proses sains yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian keterampilan proses sains siswa dalam praktikum viskositas menunjukan bahwa tingkat keterampilan proses sains siswa tergolong pada tingkatan yang sangat baik, siswa mampu melakukan percobaan secara terampil dan benar dimana siswa terampil dalam mengobservasi, mengklasifikasi, mengkomunikasikan, mengukur, dan memprediksi, sedangkan pada keterampilan menyimpulkan masuk dalam kategori baik. Persentase berkategori sangat baik pada keterampilan observasi 46,7%, keterampilan klasifikasi 43,3%, keterampilan mengkomunikasikan  33,3%, keterampilan mengukur 33,3 % dan keterampilan memprediksi 26,7%, sedangkan keterampilan menyimpulkan 33,3% berkategori baik.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

pendipa

Publisher

Subject

Chemistry Education Mathematics

Description

PENDIPA Journal of Science Education is a peer-reviewed, open-access journal covered all aspect of science and science education. PENDIPA journal welcomes the submission of scientific articles related to mathematics, physics, chemistry, biology, and its educational implementation in a school, higher ...