PENDIPA Journal of Science Education
Vol 4, No 3 (2020): JULY - OCTOBER

Identifikasi Etnomatsains pada Tradisi Gunungan di Kraton Yogyakarta

Nuri Hidayati (prodi pendidikan matematika universitas alma ata yogyakarta)
Amin Yoga Rahmawati (Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Alma Ata)
Isti Khomah (Pendidikan Guru SD, Universitas Alma Ata)
Ahmad Anis Abdullah (Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Alma Ata)



Article Info

Publish Date
25 Sep 2020

Abstract

Proses pembelajaran pada kurikulum 2013 yang telah direvisi di tahun 2017 menekankan pada pembelajaran yang menyenangkan, bermakna, dan memotivasi siswa untuk aktif. Berdasarkan kondisi tersebut, perlu adanya pengembangan cara pembelajaran. Jadi, diperlukan inovasi pembelajaran yang menggunakan pendekatan budaya dengan mengaitkan materi ajar dalam kehidupan sehari-hari siswa yaitu melalui pembelajaran etnomatsains. Tujuan dari  penelitian  ini  adalah untuk  mengidentifikasi  etnomatsains  pada bagian-bagian dari tradisi Gunungan di Kraton Yogyakarta  yang dapat  dijadikan  sebagai  media  pembelajaran  matematika maupun sains/IPA. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan etnografi. Berdasarkan hasil tinjauan pustaka diperoleh beberapa konsep matematika maupun sanis/IPA yang terdapat pada bagian-bagian dari tradisi Gunungan di Kraton Yogyakarta yang ditampilkan dalam bentuk matriks.  Hasil Penelitian menunjukkan bahwa bagian-bagian pada tradisi Gunungan di Kraton Yogyakarta yang berkaitan dengan konsep matematika maupun sains/IPA antara lain bentuk pada gunungan Kakung yaitu kerucut, bentuk makanan-makanan penyusun gunungan, jenis-jenis tumbuhan penyusun gunungan yang memiliki berbagai unsur sains/IPA.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

pendipa

Publisher

Subject

Chemistry Education Mathematics

Description

PENDIPA Journal of Science Education is a peer-reviewed, open-access journal covered all aspect of science and science education. PENDIPA journal welcomes the submission of scientific articles related to mathematics, physics, chemistry, biology, and its educational implementation in a school, higher ...