ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan konseling kelompok dalam meningkatkan kemandirian belajar anak yang broken home.Metode dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan one group pretest-posttest.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII.E dan VII.F SMP N 11 Kota Bengkulu yang berjumlah 31 siswa.sampel menggunakan purposive sampling. Jumalah sampel adalah 8 siswa.data hasil penelitian ini dianalisis menggunakan uji z. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemandirian belajar siswa meningkat setelah diberikan layanan konseling kelompok, hal ini ditunjukkan dengan nilai z = -2.524adengan taraf signifikansi (2-tailed) sebesar 0.012 yang berarti 0.012 < 0.05. Temuan ini menunjukkan bahwa ada pengaruh layanan konseling kelompok dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa broken home di SMP N 11 Kota Bengkulu. Kata Kunci : kemandirian belajar, siswa, konseling kelompok
Copyrights © 2020