CONSILIA
Vol 3, No 1 (2020)

PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN LATAR BELAKANG ANAK YANG BROKEN HOME DI SMP NEGERI 11 KOTA BENGKULU

Ezi Oktaviani Safitri (BK FKIP UNIB)
Yessy Elita (BK FKIP UNIB)



Article Info

Publish Date
19 Aug 2020

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan konseling kelompok dalam meningkatkan kemandirian belajar anak yang broken home.Metode dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan one group pretest-posttest.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII.E dan VII.F SMP N 11 Kota Bengkulu yang berjumlah 31 siswa.sampel menggunakan purposive sampling. Jumalah sampel adalah 8 siswa.data hasil penelitian ini dianalisis menggunakan uji z. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemandirian belajar siswa meningkat setelah diberikan layanan konseling kelompok, hal ini ditunjukkan dengan nilai z = -2.524adengan taraf signifikansi (2-tailed) sebesar 0.012 yang berarti 0.012 < 0.05. Temuan ini menunjukkan bahwa ada pengaruh layanan konseling kelompok dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa broken home di SMP N 11 Kota Bengkulu. Kata Kunci : kemandirian belajar, siswa, konseling kelompok

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

j_consilia

Publisher

Subject

Other

Description

Consilia merupakan jurnal yang diterbitkan oleh program studi Bimbingan dan Konseling FKIP Universitas Bengkulu. Jurnal Consilia menerima artikel hasil penelitian di bidang bimbingan dan konseling, pendidikan dan psikologi. Consilia diterbitkan tiga kali dalam setahun pada bulan Januari, Mei dan ...