CONSILIA
Vol 3, No 2 (2020)

EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF INSTRUCTION DALAM MENGURANGI KEJENUHAN BELAJAR SISWA KELAS VIII 5 DI SMP NEGERI 04 KOTA BENGKULU

Ulfah Faridah (Universitas Bengkulu)
Arsyadani Mishbahuddin (Universitas Bengkulu)



Article Info

Publish Date
08 Dec 2020

Abstract

ABSTRAKTujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan efektivitas layanan bimbingan kelompok dengan teknik self instruction dalam mengurangi kejenuhan belajar siswa. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen dengan one group pre test-post test. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII. Sample menggunakan purposive sampling dengan jumlah subjek 10 orang. Data hasil penelitian ini dianalisis menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kejenuhan belajar siswa mengikuti layanan bimbingan kelompok menurun dengan teknik self instruction, hal ini ditunjukkan dengan nilai t = 5,470 dengan taraf signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh efektivitas layanan efektivitas layanan bimbingan kelompok dengan teknik self instruction dalam mengurangi kejenuhan belajar siswa kelas VIII 5 di SMP Negeri 04 Kota Bengkulu.Kata Kunci : Bimbingan Kelompok, Kejenuhan Belajar

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

j_consilia

Publisher

Subject

Other

Description

Consilia merupakan jurnal yang diterbitkan oleh program studi Bimbingan dan Konseling FKIP Universitas Bengkulu. Jurnal Consilia menerima artikel hasil penelitian di bidang bimbingan dan konseling, pendidikan dan psikologi. Consilia diterbitkan tiga kali dalam setahun pada bulan Januari, Mei dan ...