CONSILIA
Vol 3, No 1 (2020)

LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK INSTRUKSI DIRI UNTUK MENURUNKAN STRES AKADEMIK PADA SISWA

Lira Mardianti (UNIB)
I Wayan Dharmayana (UNIB)



Article Info

Publish Date
19 Aug 2020

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh layanan konseling kelompok dengan teknik instruksi diri untuk menurunkan stres akademik siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan one group pretest-posttest design, dengan sampel penelitian siswa kelas XI IIS 1 sebanyak 6 orang siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuisioner stres akademik. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan uji Z. Hasil penelitian menunjukkan penurunan stres akademik siswa setelah diberikan konseling kelompok dengan teknik instruksi diri. Hal ini ditunjukkan dengan nilai z= -2,201a (p< 0,05). Temuan ini menunjukkan bahwa layanan konseling kelompok dengan teknik instruksi diri dapat menurunkan stres akademik pada siswa kelas. Kata Kunci    : konseling kelompok , stres akademik, teknik instruksi diri

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

j_consilia

Publisher

Subject

Other

Description

Consilia merupakan jurnal yang diterbitkan oleh program studi Bimbingan dan Konseling FKIP Universitas Bengkulu. Jurnal Consilia menerima artikel hasil penelitian di bidang bimbingan dan konseling, pendidikan dan psikologi. Consilia diterbitkan tiga kali dalam setahun pada bulan Januari, Mei dan ...