Jurnal Ilmiah KORPUS
Vol 5, No 1: APRIL 2021

KEMAMPUAN MENULIS CERITA INSPIRATIF BERDASARKAN MEDIA VISUAL SISWA KELAS IX SMP NEGERI 4 KOTA BENGKULU

Thossi Adios (Universitas Bengkulu)
Padi Utomo (Universitas Bengkulu)
Ria Ariesta (Universitas Bengkulu)



Article Info

Publish Date
26 Apr 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan menulis cerita inspiratif berdasarkan media visual siswa kelas IX SMP Negeri 4 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif yang dilaksanakan di SMP Negeri 4 Kota Bengkulu pada bulan Maret 2020. Populasi dalam penelitian ini semua siswa kelas IX SMP Negeri 4 Kota Bengkulu yang berjumlah 254 siswa. Sedangkan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik random sampling sebanyak 20% dari jumlah populasi berdasarkan teori persentase. Kemampuan menulis cerita inspiratif ini dinilai dari lima aspek, yaitu isi, struktur,diksi, kalimat, dan ejaan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes berupa penugasan kepada siswa untuk menulis cerita inspiratif berdasarkan media visual. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu statistik deskriptif. Hasil penelitian dalam menulis cerita inspiratif berdasarkan media visual siswa kelas IX SMP Negeri 4 Kota Bengkulu dikategorikan cukup, sedangkan berdasarkan rumusan masalah secara khusus yang berupa kesesuaian isi dengan tema dikategorikan sangat baik, mengorganisasikan struktu dalam cerita inspiratif dikategorikan sangat baik, pengunaan diksi dikategorikan cukup, penggunaan kalimat dikategorikan cukup dan penggunaan ejaan pada cerita inspiratif dikategorikan cukup.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

korpus

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Ilmiah KORPUS merupakan jurnal Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP UNIB. Jurnal ini memuat dan menyebarluaskan hasil kajian ilmiah dan hasil-hasil penelitian mahasiswa dan dosen yang terpilih tentang bahasa, sastra, dan pengajarannya. KORPUS terbit tiga kali dalam setahun, yaitu ...