PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol. 3 No. 02 (2020): PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini

Pengelolaan Kelas pada Model Pembelajaran Kelompok pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK IT Al- Mahira

Suharni (Universitas Lancang Kuning)
Sri Wahyuni (Universitas Lancang Kuning)
Salmah (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Apr 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengelolaan kelas terhadap model pembelajaran kelompok anak usia dini di TK IT Al- Mahira. Metode yang digunakan adalah Pendekatan Kuantitatif Korelasional. Penelitian ini dilaksanakan di TK IT Al- Mahira. Pengambilan sampel dilakukan dengan Random Sampling dengan jumlah 30 Anak. Variabel penelitian terdiri dari variabel X (pengelolaan kelas) dan Y (model pembelajaran kelompok). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menyebarkan angket berupa abjad atau a, b dan c dalam setiap gambar kepada siswa sebagai responden. Metode yang digunakan adalah korelasi dengan taraf 5%. Dari hasil perhitungan dengan menggunakan SPSS 23 diperoleh signifikan sebesar 0,072. Dengan demikian Ha yang menyatakan adanya pengaruh antara pengelolaan kelas terhadap model pembelajaran kelompok ditolak dan sebaliknya Ho yang menyatakan tidak adanya pengaruh antara pengelolaan kelas terhadap model pembelajaran kelompok diterima. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa tidak terdapat korelasi pengelolaan kelas terhadap model pembelajaran kelompok anak usia dini di TK IT Al- Mahira. Artinya, model pembelajaran kelompok yang baik belum tentu pengelolaan kelasnya kurang menarik dan sebaliknya model pembelajaran kelompok yang kurang baik belum tentu pengelolaan kelasnya menarik.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

paud-lectura

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Social Sciences

Description

PAUD Lectura is a journal published by PG-PAUD FKIP Lancang Kuning University. This Journal as a scientific media for research study of lecturers, students and other researchers related to early childhood education. This journal is published periodically twice a year, in October and April. The ...