PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol. 4 No. 01 (2020): PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini

Belajar Melalui Musik Dengan Menerapkan Metode Orff

Ridwan (Universitas Pendidikan Indonesia)
Hayani Wulandari (Universitas Pendidikan Indonesia)
Dhea Ardiyanti (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2020

Abstract

Artikel ini berfokus pada penanaman belajar melalui musik dengan menggunakan metode orff bagi guru maupun calon guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Hubungannya pada aspek perkembangan anak, melalui metode ini dapat menumbuhkan rasa musikalitas anak dengan melalui kegiatan-kegiatan dasar seperti bernyanyi, menari, beracting dan memainkan alat musik. Bentuk memainkan alat musik disini bukan hanya memainkan alat musik yang pada umumnya, akan tetapi dapat juga memanfaatkan dari barang-barang yang ada dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain pre-eksperimen one-shot case study. Penelitian ini dilaksanakan melalui kegiatan webinar dengan peserta guru dan calon guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Tujuan dari penelitian ini untuk memberikan gambaran dengan jelas kepada para pendidik maupun calon pendidik mengenai pelaksanaan pembelajaran melalui musik yang kreatif pada anak usia dini melalui penggunaan metode Orff. Memiliki pemahaman akan metode Orff ini sangat diperlukan baik itu secara teoritis maupun praktis sehingga guru dan calon guru tidak hanya dapat meningkatkan pengetahuan mereka, akan tetapi dapat mengaplikasikan pembelajaran yang kreatif, inovatif dan menarik pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) tentunya tetap disesuaikan dengan karakteristik anak. Kata Kunci : Musik, Metode Orff, Anak Usia Dini

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

paud-lectura

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Social Sciences

Description

PAUD Lectura is a journal published by PG-PAUD FKIP Lancang Kuning University. This Journal as a scientific media for research study of lecturers, students and other researchers related to early childhood education. This journal is published periodically twice a year, in October and April. The ...