Evaluasi kurikulum setidaknya harus mencakup tiga hal, yaitu produk, efek dan impact. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hal apa saja yang dibahas dan di evaluasi dalam suatu kurikulum pada lembaga pendidikan anak usia dini. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan penelitian studi pustaka (library research) sebagai sumber acuan. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa model yang digunakan dalam mengevaluasi kurikulum diantaranya ialah Measurement, Congruence, Illumination, Educational System Evaluation, Model CIPP/ CIPPO. Model evaluasi yang sering digunakan oleh para evaluator adalah model CIPPO. Dalam evaluasi ini terdapat beberapa pertanyaan kunci yaitu “Apa yang dibutuhkan? Apa yang harus dilakukan? Apakah program telah dilaksanakan? Bagaimana tingkat keberhasilan program? Dampak apa yang ditimbulkan dari pelaksanaan program?â€. Dengan pertanyaan tersebut akan memudahkan evaluator untuk membuat pertimbangan keputusan tentang kurikulum yang sedang berjalan ataupun yang telah dijalankan.
Copyrights © 2021