Penelitian Pendidikan Geografi
Vol 6, No 1 (2021): Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi

PENINGKATAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL PADA MATERI BUMI SEBAGAI RUANG KEHIDUPAN

Alifuddin, Andi (Unknown)
Harudu, La (Unknown)
Amaluddin, La Ode (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Feb 2021

Abstract

SMA 12 Bombana merupakan salah satu SMA yang hasil belajarnya masih tergolong rendah dimana hanya sekitar 40% siswa yang mencapai KKM. Tujuan penelitian untuk: (1) Untuk mendeskripsikan aktivitas belajar siswa kelas X IIS 1 SMAN 12 Bombana yang diajar dengan mengunakan media pembelajaran Audio visual pada materi pokok Bumi Sebagai Ruang Kehidupan; (2) Untuk mendeskripsikan aktivitas guru kelas X IIS 1 SMAN 12 Bombana yang diajar dengan mengunakan media pembelajaran Audio visual pada materi pokok bumi sebagai ruang kehidupan; (3) Untuk mengetahui hasil pembelajaran geografi siswa kelas X IIS 1 SMAN 12 Bombana dengan mengunakan media pembelajaran Audio visual pada materi pokok bumi sebagai ruang kehidupan. Penelitian ini telah dilaksanakan di SMA 12 Bombana. Penelitian inimenggunakan metode penelitian kualitatif dan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa dan siswi kelas X IIS1 berjumlah 20 siswa. Pengambilan data dilakukan dengan lembar observasi dan tes hasil belajar siklus 1 dan siklus 2. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Aktivitas belajar siswa dengan menerapkan audio visual pada setiap siklus cenderung meningkat. Hal ini ditunjukan dengan skor rata-rata pada setiap siklusnya. Pada siklus I skor rata-rata aktivitas siswa adalah 2,6 dikategorikan cukup dan meningkat pada siklus II menjadi 3,2 yang berkategori baik; (2) Aktivitas mengajar guru dengan menerapkan model audio visual pada setiap siklus cenderung meningkat. Hal ini ditunjukan dengan skor rata-rata pada setiap siklusnya. Pada siklus I skor rata-rata mengajar guru adalah 2,8 dikategorikan cukup dan meningkat pada siklus II menjadi 3,5 yang berkategori baik; (3) Hasil belajar geografi siswa kelas X IIS 1 SMAN 12 Bombana meningkat sebesar 20% setelah menerapkan media pembelajaran audio visual pada materi siklus bumi sebagai ruang kehidupan. Dimana pada siklus I diperoleh ketuntasan sebesar 65%, dan pada siklus II berubah menjadi 85%.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ppg

Publisher

Subject

Earth & Planetary Sciences Education

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi (JPPG) merupakan jurnal Open-Access dan diterbitkan empat kali setahun setiap bulan Januari, April, Juli dan Oktober. Artikel/Jurnal yang diterbitkan dengan aim dan scope berkaitan dengan Pendidikan Geografi dan Geografi ...