Radioterapi & Onkologi Indonesia
Vol 11, No 1 (2020): VOLUME 11 NO.1 JANUARI 2020

Radioterapi Pada Meningioma Anak

Fenny Tjuatja (Unit Pelayanan Onkologi Radiasi RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia)
Tiara Bunga Mayang Permata (Unit Pelayanan Onkologi Radiasi RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia)
Renindra Ananda Aman (Departemen Medik Bedah Saraf RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia)
Soehartati A. Gondhowiardjo (Unit Pelayanan Onkologi Radiasi RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia)



Article Info

Publish Date
22 Jul 2020

Abstract

Meningioma pada anak termasuk kasus yang jarang dijumpai, hanya dijumpai pada 0,4 - 4,6% dari seluruh tumor otak primer anak. Ada beberapa hal yang membedakan meningioma anak dan dewasa, seperti : ditemukannya gambaran kistik pada pencitraan, lebih sedikit dural tail, lebih agresif dan seringnya ditemukan rekurensi dibanding dewasa. Terapi utama meningioma adalah operasi reseksi tumor, dan pada jenis yang ganas diberikan radioterapi adjuvan. Kemoterapi masih sangat jarang digunakan dengan sedikitnya bukti klinis yang ada. Pada artikel ini, dilaporkan kasus meningioma atipikal pada anak pasca gross tumor resection yang mendapatkan radioterapi untuk mengurangi resiko rekurensi lokal.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JORI

Publisher

Subject

Education Health Professions Medicine & Pharmacology Physics Other

Description

Majalah Radioterapi & Onkologi Radiasi Indonesia (Journal of the Indonesian Radiation Oncology Society) dengan ISSN 2086-9223, satu-satunya majalah dalam bidang Onkologi Radiasi di Indonesia, merupakan majalah di bawah penerbit Perhimpunan Dokter Spesialis Onkologi Radiasi Indonesia (PORI). Majalah ...