Jurnal SEGAR
Vol 9 No 1 (2020): Jurnal SEGAR, Volume 9 Nomor 1, November 2020

PENGARUH METODE PEMBELAJARAN MOVEMENT EXPLORATION DAN METODE PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY SERTA PERSEPSI KINESTETIK TERHADAP HASIL BELAJAR LAY UP BOLABASKET PADA MAHASISWA IAIN TULUNGAGUNG

Adi Wijayanto (Unknown)
Abdul Aziz Hakim (Unknown)
Nur Iffah (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Nov 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran movement exploration dan metode pembelajaran guided discovery serta persepsi kinestetik terhadap hasil belajar lay up bolabasket pada mahasiswa semester satu jurusan pendidikan guru madrasah ibtidaiyah institut agama islam negeri Tulungagung. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober-November 2019, dengan menggunakan metode eksperimen dengan rancangan faktorial 2x2. 84 mahasiswa sebagai sampel diambil dengan teknik simple random sampling, yang terdiri dari 42 orang dengan persepsi kinestetik tinggi dan 42 dengan persepsi kinestetik rendah, kemudian dilakukan tes persepsi kinestetik dan dilakukan matching pairing sebanyak 2 kali. Analisis data yang digunakan adalah analisis varian (ANAVA) dua arah, dengan Uji Tukey sebagai uji lanjut. Hasil penelitian sebagai berikut: (1) Perhitungan Analisis Varians (ANAVA) dengan taraf signifikan α 0,05, maka diperoleh Fₒ = 6,944, sedangkan F₁ = 4,05, dengan demikian Fₒ = 6,944 > F₁ = 4,05, Dengan demikian terdapat perbedaaan yang signifikan secara keseluruhan antara kelompok belajar yang menggunakan metode pembelajaran movement exploration, dibanding dengan metode pembelajaran guided discovery. (2) persepsi kinestetik yang tinggi, metode pembelajaran movement exploration lebih baik daripada metode pembelajaran guided discovery terhadap hasil belajar lay up bolabasket dengan hasil (qₒ = 5,523 > q₁ = 3,345), (3) persepsi kinestetik yang rendah, tidak ada perbedaan antara metode pembelajaran movement exploration dan metode pembelajaran guided discovery terhadap hasil belajar lay up bolabasket (qo= 0,232 < qt = 3,83), dan (4) terdapat interaksi antara metode dan persepsi kinestetik terhadap hasil belajar lay up bolabasket (Fo = 8,781 > Ft = 4,05).

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

segar

Publisher

Subject

Education Public Health Social Sciences Other

Description

Terbit dua kali dalam satu tahun pada bulan November dan Mei. Berisi tulisan-tulisan yang diangkat dari hasil penelitian dan kajian-kajian di bidang ilmu ...