JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia)
Vol 6, No 1 (2021): Volume 6 Number 1, March 2021

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SQ3R TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP PADA MATERI POLA BILANGAN

Soraya Soraya (STKIP Singkawang)
Rosmaiyadi Rosmaiyadi (STKIP Singkawang)
Rika Wahyuni (STKIP Singkawang)



Article Info

Publish Date
23 Mar 2021

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran SQ3R terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa, aktivitas dan motivasi belajar siswa saat pembelajaran dengan model SQ3R pada materi pola bilangan kelas VIII SMP Negeri 13 Singkawang. Penelitian ini menggunakan desain Quasi Eksperimental. Populasi dalam penelitian ini adalah semua kelas VIII SMP Negeri 13 Singkawang yang terdiri dari tiga kelas yang berjumlah 82 siswa. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling. Adapun sampel yang dipilih terdiri dari dua kelas yaitu kelas VIIIA sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIB sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan: 1) model pembelajaran SQ3R berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis; 2) model pembelajaran SQ3R memberikan pengaruh besarĀ  terhadap kemampuan komunikasi matematis; 3) aktivitas belajar siswa tergolong aktif dengan diterapkannya model pembelajaran SQ3RĀ  pada materi pola bilangan; 4) motivasi belajar siswa tergolong tinggi dengan diterapkannya model pembelajaran SQ3R pada materi pola bilangan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JPMI

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia (JPMI), e-ISSN: 2477-8443, p-ISSN: 2477-5959 is an information container has scientific articles in the form of research, the study of literature, ideas, application of the theory, the study of critical analysis, and studies in the field of science ...