Citizenship Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan
Vol 8, No 2 (2020)

PENGUATAN PANCASILA SEBAGAI THE LIVING IDEOLOGY MELALUI REVITALISASI PEMBELAJARAN PANCASILA DI ERA DISRUPSI

Nuswantari Nuswantari (Universitas PGRI Madiun)
Yusuf Fadlila Rachman (Universitas Amikom Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
20 Nov 2020

Abstract

Era disrupsi ditandai dengan sistem digital yang berkembang pesat, memberikandampak positif maupun negatif. Dampak positif ditandai dengan pesatnya inovasi ilmupengetahuan, teknologi informasi dan komunikasi yang memberikan kemudahan kehidupanmasyarakat. Namun dampak negatifnya dapat mempengaruhi pola pikir, sikap dan perilakumasyarakat. Akhirnya dapat merusak sendi-sendi kehidupan masyarakat, karena tidak sejalandengan etika dan norma yang berlaku di masyarakat. Generasi sekarang ini yang akrabdengan teknologi digital tidak mampu membedakan antara informasi yang benar daninformasi yang tidak benar atau palsu. Di sisi lain generasi ini masih sangat memerlukanbimbingan untuk meyakini nilai-nilai dalam perkembangan pribadinya. Tujuan dari penulisankarya ilmiah ini untuk memberikan pengetahuan dan wawasan bagaimanakah caramenanamkan dan menguatkan Pancasila sebagai Ideologi Bangsa. Metode yang digunakanadalah Library Research, diharapkan penulisan ini mampu membentuk generasi yangberpribadi ke-Indonesiaan. Ditemukan salah satu cara untuk membentengi keyakinan danmenanamkan pribadi yang bermoral dan berwawasan luas dalam kehidupan berbangsa danbernegara dengan memahamkan dan menguatkan nilai-nilai Pancasila sebagai Ideologi bangsamelalui revitalisasi pembelajaran Pancasila yang sesuai dengan zaman generasi sekarang ini.

Copyrights © 2020