Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi kemudian menguraikan nilai-nilai pendidikan karakter yang termuat dalam cerita-cerita rakyat di Sulawesi Barat. Peneliatian ini bertolak pada paradigma penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi awal untuk mencari informasi tentang keberadaan cerita serta informan valid. Setelah data terkumpul dilapangan, melalui studi studi pustaka dilakukan analisis teks nilai pendidikan karakter yang termuat di dalam cerita rakyat. Informan yang digunakan terbagi atas dua yaitu informan kunci sebagai sarana mendapatkan sumber data primer, dan informan madya sebagai sarana sumber imformasi pendukung. Analisis data yang digunakan adalah metode analisis deskriptif kualitatif. Penelitian ini mengidentifikasi wujud nilai nilai pendidikan karakter yang termuat dalam cerita rakyat Sulawesi Barat. Hasil penelitian ini dapat dijadikan acuan atau pedomen dalam rangka pengembangan kurikulum dan materi pelajaran bahasa dan sastra di sekolah yang mengintegrasikan nilai nilai pendidikan karakter berwawasan lokalitas.
Copyrights © 2020