Masa usia dini anak merupakan masa yang paling tepat dalam memberikan dorongan atau upaya pengembangan agar anak dapat berkembang secara optimal. Kenyataannya, pendidikan anak usia dini memiliki berbagai masalah yaitu pengelolaan PAUD yang belum profesional seperti maraknya kasus kekerasan yang terjadi pada anak didik di sekolah PAUD. Kurangnya kesadaran dan pengetahuan orangtua tentang pentingnya PAUD untuk anak-anak, serta komitmen dan kebijakan operasional pemerintah yang tidak sinergis dan merata terhadap penyelenggara pendidikan PAUD. Sistem pembelajaran yang diterapkan para staf pengajar juga menjadi masalah karena kurangnya inovasi untuk mengembangkan proses belajar mengajar pada anak-anak sesuai dengan kebutuhan di masa usia dini. Penelitian dilakukan di lembaga pendidikan anak usia dini yang berada di kota Makassar, dengan subjek penelitian yaitu para pengelola (guru dan kepala sekolah) yang berjumlah sebanyak 177 orang. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini antara lain skala pribadi inovatif, skala budaya inovatif dan DISC. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya dan sikap kerja yang diukur menggunakan skala pribadi inovatif dan DISC memiliki pengaruh positif kepada budaya inovasi yang diterapkan di sekolah.
Copyrights © 2019