JPPI (Jurnal Pendidikan Islam Pendekatan Interdisipliner)
Vol 3 No 2 (2019): Vol 3 No 2 (2019): JPPI Volume 3 Nomor 2 Desember 2019

Pengaruh Kedisiplinan dan Kreatifitas Guru PAI terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik di MTsN 1 Makassar

Zuhdiah Hamal (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Oct 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kedisiplinan guru Pendidikan Agama Islam di MTs Negeri 1 Kota Makassar, (2) keterampilan guru Pendidikan Agama Islam di MTs Negeri 1 Kota Makassar, (3) Motivasi belajar Pendidikan Agama Islam peserta didik di MTs Negeri 1 Kota Makassar, Penelitian ini adalah penelitian ex post facto dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi berjumlah 1429 peserta didik pada 36 rombel, yang disampel dengan tekhnik cluster random sampling sehingga diperoleh 93 peserta didik. Instrument yang digunakan adalah angket sehingga diperoleh data yang dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan inferensial, yaitu teknik analisis regresi linear sederhana dan berganda. Berdasarkan hasil analisis diperoleh kesimpulan yaitu ; (1) kedisiplinan guru Pendidikan Agama Islam tidak berpengaruh terhadap motivasi belajar peserta didik, (2) keterampilan guru Pendidikan Agama Islam berpengaruh kuat terhadap motivasi belajar peserta didik, (3) kedisiplinan dan keterampilan guru Pendidikan Agama Islam secara bersama-sama berpengaruh terhadap motivasi belajar peserta didik dengan 24% kontribusi variabel kedisiplinan dan keterampilan guru Pendidikan Agama Islam terhadap motivasi belajar peserta didik dalam pelajaran Pendidikan Agama Islam. Impilikasi dalam penelitian ini adalah, (1) Kedisiplinan guru masih tetap perlu ditingkatkan meskipun memiliki pengaruh yang sangat rendah terhadap motivasi belajar, karena dengan meningkatkan kedisiplinan guru akan meningkatkan disiplin belajar peserta didik, (2) Keterampilan guru Pendidikan Agama Islam perlu terus ditingkatkan karena memiliki pengaruh yang kuat terhadap motivasi belajar peserta didik, terutama keterampilan dalam menjelaskan materi pembelajaran, (3) Kedisiplinan dan keterampilan guru Pendidikan Agama Islam perlu terus ditingkatkan karena memiliki pengaruh yang kuat secara bersama terhadap motivasi belajar peserta didik.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan Islam Pendekatan Interdisipliner (JPPI) published by IAI DDI Polewali Mandar, jornals are published twice a year in Juni dan Desember. This journal Contains articles of thought and research results in Islamic education disciplines. This journal warmly welcomes contributions from ...