Jurnal Teknologi Pendidikan
Vol 10, No 1 (2021): Jurnal Teknologi Pendidikan

KOMPETENSI IMAN DALAM KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN SEJARAH INDONESIA KELAS X SMA

Saepul Japar Sidik (Unknown)
Abas Mansur Tamam (Universitas Ibn Khaldun Bogor)
Hasbi Indra (Universitas Ibn Khaldun Bogor)



Article Info

Publish Date
12 Jan 2021

Abstract

Tujuan pendidikan di Indonesia sebagaimana tertuang dalam UU Sisdiknas nomor 20 tahun 2003 pasal 3 tertulis bahwa iman menjadi salah satu capaiannya. Akan tetapi, dalam prakteknya masih ada kesenjangan antara tujuan pendidikan nasional dengan kurikulum nasional dan kurikulum nasional dengan bahan ajarnya. Penelitian ini ditujukan untuk mengungkap kompetensi iman di dalam kurikulum 2013 pada mata pelajaran Sejarah Indonesia Kelas X SMA. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitik dengan menggunakan pendekatan teori paradigma al-Qur’an yang digagas oleh Kuntowijoyo. Teori menghendeki suatu konstruksi pengetahuan yang memungkinkan kita memahami realitas sebagaimana al-Qur’an memahaminya. Hipotesi penelitian ini menunjukan bahwa kompetensi iman dalam kurikulmu nasional terbilang belum ideal (komprehensif).

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

TEK

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Teknologi Pendidikan merupakan jurnal ilmiah yang terbit 2 kali dalam 1 tahun berisi artikel dan hasil penelitian para peneliti, akademisi, dan praktisi di bidang ...