Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika
Vol 3, No 1 (2020): Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN JUCAMA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DITINJAU DARI SELF EFFICACY SISWA SMP

Lailatul Utari (Unknown)
Destiniar Destiniar (Unknown)
Ali Syahbana (Universitas PGRI Palembang)



Article Info

Publish Date
19 Dec 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh  model pembelajaran pengajuan dan pemecahan masalah (JUCAMA) terhadap kemampuan berpikir kritis matematis ditinjau dari self efficacy siswa. Populasinya menggunakan sebanyak 4 kelas dari siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Lalan semester ganjil tahun ajaran 2019/2020. Sedangkan sampelnya, kelas VIII.1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.2 sebagai kelas kontrol. Rancangan perlakuan menggunakan Posttest-Only Control Design dengan metode penelitian kuasi eksperimen dengan desain faktorial 2 x 3. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif, uji normalitas dan uji homogenitas, dan uji ANOVA dua arah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) terdapat pengaruh yang positif model pembelajaran pengajuan dan pemecahan masalah (JUCAMA) terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa; 2) terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan berpikir kritis matematis siswa berdasarkan self efficacy (tinggi, sedang dan rendah) siswa; dan 3) tidak ada interaksi yang signifikan model pembelajaran (JUCAMA dan konvensional) dan Self Efficacy (tinggi, sedang dan rendah) terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

indiktika

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Indikta Journal publish scientific articles in the field of mathematics education. Papers accepted can be a disseminate research result, theoretical studies, and mathematics learning. The article submitted has not been approved and has not been accepted for publication in another ...