Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika
Vol 3, No 1 (2020): Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika

ANALISIS LEARNING OBSTACLE PADA MATERI VOLUME LIMAS

Zeni Alif Sawitri (Unknown)
Nyiayu Fahriza Fuadiah (Unknown)
Tanzimah Tanzimah (Universitas PGRI Palembang)



Article Info

Publish Date
18 Dec 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui learning obstacle pada materi volume limas kelas VIII. Partisipan pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Shailendra Palembang dan guru mata pelajaran matematika.  Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, identifikasi learning obstacle ini bagian dari tahap prosfektif yang ada pada didactical design reserach. Identifikasi learning obstcale pada penelitian ini didapat dari hasil analisis tes diagnostik, hasil wawancara guru dan hasil kajian RPP guru. Hasil dari penelitian ini didapat learning obstacle pada materi volume limas dari faktor epistemologis adalah sebagai berikut: (a) learning obstacle pada konsep perpangkatan; (b) learning obstacle pada konsep phytagoras; (c) learning obstacle pada konsep satuan luas dan volume; dan (d) learning obstacle pada konsep limas.  Learning obstacle pada materi volume limas dari faktor didaktis adalah RPP guru mata pelajaran tidak mencerminkan kegiatan belajar-mengajar yang cocok untuk materi volume limas. Learning obstacle pada materi volume limas dari faktor ontogenik tidak ditemukan pada saat berlangsungnya proses penelitian.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

indiktika

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Indikta Journal publish scientific articles in the field of mathematics education. Papers accepted can be a disseminate research result, theoretical studies, and mathematics learning. The article submitted has not been approved and has not been accepted for publication in another ...