Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan proses dan keterampilan menulis teks cerita sejarah bentuk video melalui media powtoon. Metode penelitian yang digunakan adalah PTK yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi/ evaluasi dan refleksi. Lokasi penelitian di SMA Negeri 1 Bantaeng, Kelas XII IPA1, dengan jumlah siswa 29 orang. Hasil penelitian menunjukkan, hasil observasi siklus 1 siswa yang aktivitasnya dalam kategori baik sejumlah 67%, kategori cukup 28%, dan kategori kurang 5%. Pada siklus II, siswa yang aktivitasnya baik sebanyak 88%, kategori cukup 11%, pada kategori kurang 1%. Hasil menyusun teks cerita sejarah siswa dalam bentuk video mengalami peningkatan dari siklus 1 ke siklus II. Siklus 1 siswa yang tuntas sebanyak 62% meningkat menjadi 90%. Sebaliknya, siswa yang tidak tuntas sebanyak 38% menurun menjadi 10%. Hasil ini menunjukkan bahwa siswa yang tuntas sudah melampaui kriteria yang diharapkan yaitu 85% siswa mencapai KKM.
Copyrights © 2020