JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT
Vol 8 No 4 (2020): Vol.8.No.4.2020

PEMANFAATAN POWTOON SEBAGAI MEDIA MENULIS DALAM PEMBELAJARAN TEKS CERITA SEJARAH

A.Andriyani Asra (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Bulukumba)
Jihad Talib (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Bulukumba)



Article Info

Publish Date
28 Oct 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan proses dan keterampilan menulis teks cerita sejarah bentuk video melalui media powtoon. Metode penelitian yang digunakan adalah PTK yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi/ evaluasi dan refleksi. Lokasi penelitian di SMA Negeri 1 Bantaeng, Kelas XII IPA1, dengan jumlah siswa 29 orang. Hasil penelitian menunjukkan, hasil observasi siklus 1 siswa yang aktivitasnya dalam kategori baik sejumlah 67%, kategori cukup 28%, dan kategori kurang 5%. Pada siklus II, siswa yang aktivitasnya baik sebanyak 88%, kategori cukup 11%, pada kategori kurang 1%. Hasil menyusun teks cerita sejarah siswa dalam bentuk video mengalami peningkatan dari siklus 1 ke siklus II. Siklus 1 siswa yang tuntas sebanyak 62% meningkat menjadi 90%. Sebaliknya, siswa yang tidak tuntas sebanyak 38% menurun menjadi 10%. Hasil ini menunjukkan bahwa siswa yang tuntas sudah melampaui kriteria yang diharapkan yaitu 85% siswa mencapai KKM.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

ED

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Arts Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Education and Development merupakan publikasi karya ilmiah dari hasil penelitian, pendidikan dan pengembangan ilmu pengetahuan, baik sosial, budaya dan lingkungan. Sebagai upaya untuk mewujudkan visi dan misi di Perguruan Tinggi. Jurnal Education and development mewadahi hasil pemikiran dan ...