JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT
Vol 8 No 4 (2020): Vol.8.No.4.2020

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENULIS TEKS CERITA FANTASI BERBASIS APLIKASI ANDROID AYO BERFANTASI BAGI SISWA KELAS VII SMP DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK

Bella Nindi Hariatin Putri (Universitas Negeri Surabaya)
Suyatno . (Universitas Negeri Surabaya)
Syamsul Sodiq (Universitas Negeri Surabaya)



Article Info

Publish Date
03 Nov 2020

Abstract

Penelitian ini berupaya mengembangkan media pembelajaran menulis teks cerita fantasi berbasis aplikasi android Ayo Berfantasi dengan pendekatan saintifik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan dan kualitas media menulis teks cerita fantasi berbasis aplikasi android Ayo Berfantasi bagi siswa SMP Kelas VII. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Researchs and Development /R&D). Penelitian pengembangan media ini didasarkan pada model pengembangan four-D yang disarankan oleh Thiagarajan, dkk. (1974). Subjek uji coba adalah siswa kelas VII yang mengikuti Pembelajaran Bahasa Indonesia. Uji coba kelompok kecil dilakukan pada 12 siswa secara acak sebagai perwakilan dari kelas VII A – VII E masing-masing dua dan tiga orang, sedangkan uji coba kelompok besar dilakukan pada kelas VII D dengan jumlah 35 siswa. Data penelitian ini berfokus pada proses pengembangan dan kualitas media dalam pembelajaran. Data proses pengembangan diperoleh dari studi pustaka, wawancara dan diskusi, validasi, angket, dan tes hasil belajar siswa. Data kualitas media diperoleh dari hasil uji coba produk. Hasil penelitian ini adalah (1) deskripsi proses pengembangan media berbasis aplikasi android Ayo Berfantasi dirancang melalui tiga tahap yakni pendefinisian, perencanaan, dan pengembangan, dan (2) deskripsi kualitas media pengembangan berbasis aplikasi android Ayo Berfantasi berdasarkan produk yang diuji melalui kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Hasil penelitian kevalidan media diperoleh dari penilaian tim validator sebesar (96%) dengan kategori sangat valid. Data kepraktisan media diperoleh dari hasil penilaian pengamat terhadap keterlaksanaan RPP sebesar (92%) dengan kategori sangat baik, respon siswa (80%) dengan kategori positif dan adanya kendala lapangan yang dapat teratasi. Data keefektifan media diperoleh dari aktivitas siswa (84%) dengan kategori baik, aktivitas guru (93%) dengan kategori sangat baik, dan hasil ketuntasan belajar siswa (91%) dengan kategori tuntas. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran menulis teks cerita fantasi berbasis aplikasi android Ayo Berfantasi bagi siswa kelas VII SMP dengan pendekatan saintifik dinilai sangat berkualitas dan layak diterapkan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

ED

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Arts Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Education and Development merupakan publikasi karya ilmiah dari hasil penelitian, pendidikan dan pengembangan ilmu pengetahuan, baik sosial, budaya dan lingkungan. Sebagai upaya untuk mewujudkan visi dan misi di Perguruan Tinggi. Jurnal Education and development mewadahi hasil pemikiran dan ...