Indonesian Journal of Natural Science Education
Vol 2, No 1 (2019): JUNI

PRAKTIKUM KIMIA ANALISIS INSTRUMENTASI BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN MOTIVASI BELAJAR

Agung Tri Prasetya (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jun 2019

Abstract

Telah dilakukan uji coba perangkat pembelajaran dan instrumen untuk mengukur tingkat kompetensi mahasiswa. Kompetensi yang diukur meliputi penguasaan konsepĀ  dan motivasi belajar analisis instrumentasi. Penguasaan konsep analisis instrumentasi dinilai melalui tes, dan motivasi belajar diukur melalui koesioner motivasi belajar (KMB). Hasil validasi perangkat pembelajaran dinyatakan valid dan layak untuk digunakan. Hasil uji coba soal tes penguasaan konsep terhadap 135 responden diperoleh informasi dari 30 soal tes penguasaan konsep analisis instrumentasi hanya ada 25 soal yang valid dan instrumen pengukuran penguasaan konsep secara keseluruhan reliabel dengan reliabilitas 0,845. Instrumen KMB yang telah diuji cobakan terhadap 312 responden diperoleh hasil dari 25 pernyataan hanya ada 21 item yang valid dengan reliabilitas komposit sebesar 0,9329. Penerapan model pembelajaran praktikum Kimia Analisis Instrumen berbasis proyek diperoleh hasil 21 mahasiswa memiliki peningkatan penguasaan konsep kategori rendah dan 15 mahasiswa kategori sedang. Adapun tingkat motivasi belajar diperoleh 21 mahasiswa kategori sedang dan 15 kategori tinggi. Mahasiswa perlu dibiasakan melakukan praktikum berbasis proyek agar kompetensinya meningkat.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

ijnse

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Indonesian Journal of Natural Science Education is a science and science education journal. The scope of articles published in the Indonesian Journal of Natural Science Education is a study in articles in the fields of Science Education, Biology Education, Physics Education, Chemistry Education, ...