Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning dengan media video konflik keberagaman terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar IPS siswa SDN Sekargadung I Mojokerto. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Sekargadung I Mojokerto pada tahun pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experimental Design dengan Prestest- Posttest Control Group Design. Responden penelitian ini yaitu kelas IV A sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 20 orang dan kelas IV B sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 20 orang. Instrumen menggunakan tes keterampilan berpikir kritis dan tes hasil belajar IPS. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji statistik menggunakan Independent Sample T-Test.Hasil uji independent samples t-test keterampilan berpikir kritis siswa menunjukkan bahwa thitung (3,533) >ttabel (2,024) dengan df=38, dan taraf signifikansi (Sig. 2-tailed) 0,001 < 0,05, sehingga disimpulkan H1 diterima dan H0 ditolak. Hasil uji independent samples t-test hasil belajar IPS siswa menunjukkan bahwa thitung (1,486) 0,05, sehingga disimpulkan H0 diterima dan H1 ditolak. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa (a) ada pengaruh yang signifikan penerapan model problem based learning dengan media video konflik keberagaman terhadap keterampilan berpikir kritis siswa kelas IV SDN Sekargadung I Mojokerto, (b) tidak ada pengaruh yang signifikan penerapan problem based learning dengan media video konflik keberagaman terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Sekargadung I Mojokerto.
Copyrights © 2020