Jurnal Pendidikan dan Pengajaran (JPP)
Vol 1 No 2 (2020): Mei 2020

Pengaruh Pembelajaran Daring Berbasis Discovery Learnig Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa

Dedy Kurniawan (Program Studi Administrasi Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Kendari)
Rimba Hamid (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Halu Oleo)
Wa Rosida (Program Studi Administrasi Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Kendari)



Article Info

Publish Date
21 Feb 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan 1), untuk mengetahui deskripsi pembelajaran daring berbasis Discovery Learning 2), untuk mengetahui deskripsi kemampuan berpikir kritis 3),untuk mengetahui adanya pengaruh pembelajaran daring berbasis Discovery Learning terhadap berpikir kritis dan siswa pada materi sistem pernapasan manusia kelas VIII D MTs Negeri 02 Konsel. Jenis penelitian ini adalah pre-eksperimen yang dilakukan di MTs Negeri 02 Konsel. Metode yang digunakan berupa tes esay dan angket. Hasil respon siswa terhadap model discovery learning diperoleh 93,03%. Untuk kemampuan berpikir kritis siswa diperoleh nilai rata-rata N-Gain score pada nilai pre-tes dan post-tes sebesar 0,56 pada interval 0,3≤ g ≤0,7. Hasil uji Paired Sampel t-tes menunjukan nilai sig. 0,000 < 0,05 maka (H0) di tolak dan (H1) di terima.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jpp

Publisher

Subject

Arts Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Pengajaran (JPP) merupakan jurnal publikasi berbasis online dan printed yang dikelola oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Muhammadiyah Kendari. Artikel yang diterima di jurnal ini adalah artikel hasil penelitian dan review artikel maupun buku. Jurnal ...