JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT
Vol 9 No 2 (2021): Vol.9.No.2.2021

PENERAPAN MODEL GUIDE INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI MIA DI DESA SIAMPORIK DOLOK

Lia Purnama Sari (IPTS)
Dwi Aninditya Siregar (Institut Pendidikan Tapanuli Selatan)



Article Info

Publish Date
29 Apr 2021

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Metode penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perlakuan yang diberikan kepada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat belajar siswa yang menggunakan model guide inquiry dengan minat siswa yang menggunakan metode pembelajaran konvensional dalam pelajaran fisika kelas XI MIA di Desa Siamporik Dolok. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA SMA. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa minat belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran guide inquiry tidak berbeda jauh dengan minat siswa yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Hal ini dapat dilihat pada hasil analisis deskriptif dari minat siswa pada kelas eksperimen memiliki rentang skor dari 48 sampai 67. Sedangkan pada kelas kontrol menunjukkan minat belajar siswa pada kategori sedang dengan rentang skor dari 42 sampai 55.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ED

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Arts Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Education and Development merupakan publikasi karya ilmiah dari hasil penelitian, pendidikan dan pengembangan ilmu pengetahuan, baik sosial, budaya dan lingkungan. Sebagai upaya untuk mewujudkan visi dan misi di Perguruan Tinggi. Jurnal Education and development mewadahi hasil pemikiran dan ...