JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT
Vol 9 No 2 (2021): Vol.9.No.2.2021

PERANAN STRATEGI BAURAN PEMASARAN MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN TOKO HENDRA

Samakmur . (Institut Pendidikan Tapanuli Selatan)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan strategi pemasaran melalui Analisis SWOT dalam keragaman produk, harga, layanan, atmosfer toko, promosi dan tempat dalam meningkatkan volume penjualan sembilan bahan pokok kebutuhan konsumen oleh Toko Hendra Kota Padangsidimpuan.Populasi dan sampeldalam penelitian ini adalah konsumen yang berbelanja di Toko Hendra tak terbatas.Penelitian inimenggunakan teknik analisis data kualitatif sebagai proses pelacakan dan pengaturan data, seperti transkripsi, wawancara, catatan lapangan dan bahan lain pada masa penelitian (pengumpulan data).Setelah pengumpulan datanya dengan menggunakan catatan, rekaman, dan standart inti wawancara yang dikembangkan Hasil penelitian.Hasil penelitian dari segi analisis produk sektor pangan berupa gula,beras, sabun,minyak goreng,sampo,susu,roti yang merupakan produk utama yang ditawarkan Toko Hendra memiliki keunggulan dibandingkan dengan produk sandang yang lain,dari segi analisis harga produk Toko Hendra yang diberikan masih dianggap mahal oleh beberapa informan customer retail dibandingkan dengan harga yang diberikan oleh pesaing dan yang ada dipasaran, dari segi analisis Promosi yang dilakukan melalui spanduk ditempatkan dijalan utama dan pembagian kalender berisikan profil Toko Hendra dan melalui radio dikota Padangsidimpuan cara ini cukup efektif tapi hasil yang didapat belummaksimal. Dari segi analisis tempat atau distribusi tidak ditemukan adanya permasalahan, hal ini dikarenakan lokasi perusahaan cukup strategis sehingga memudahkan customer untuk mengetahui letak perusahaan tersebut, dan saluran distribusi juga diterapkan oleh Toko Hendra dengan mendistribusikan produknya ke berbagai daerah. Tempat penyimpanan produk penjualan pada Toko Hendra sudah rapi, dengan sistem in – out dan gudang setok barang disebelah toko penjualan sehingga memudahkan saat pengambilan produk dan tidak membutuhkan waktu yang lama apabila customer melakukan pengambilan produknya.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ED

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Arts Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Education and Development merupakan publikasi karya ilmiah dari hasil penelitian, pendidikan dan pengembangan ilmu pengetahuan, baik sosial, budaya dan lingkungan. Sebagai upaya untuk mewujudkan visi dan misi di Perguruan Tinggi. Jurnal Education and development mewadahi hasil pemikiran dan ...