Jurnal Edukasi AUD
Vol 6, No 2 (2020): Desember

Best Practices Home Learning Activities in Kindergarten when Covid19 Pandemic: Teachers’ Preparation and View

Yubaedi Siron (Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta)
Lisna Siti Nurasyifa (Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta)
Hilwah Aqilla (Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta)
Atania Karima (Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2020

Abstract

Pelaksanaan home learning di PAUD memaksa  para guru untuk dapat beradaptasi dan melakukan inovasi serta  kreativitas baru untuk menunjang pembelajaran jarak jauh secara efektif. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pandangan dan persiapan guru tentang kegiatan home learning pada TK/RA. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi. Penelitian ini melibatkan 21 responden yang merupakan para guru TK dan RA. Data dikumpulkan melalui wawancara terstruktur dan dilakukan secara daring. Hasil studi ini menunjukan bahwa persiapan yang dilakukan guru dalam melakukan kegiatan home learning adalah rencana pembelajaran, mencari materi pembelajaran yang kreatif dan inovatif sesuai dengan tema, serta menyiapkan bahan ajar dan media pembelajaran sebagai fasilitas penunjang kegiatan home learning. Semua persiapan tersebut disusun guru dengan perbedaan yang cukup siginifikan dibanding pembelajaran biasa. Begitu juga dalam kegiatan penilaian anak yang dilakukan secara daring serta kegiatan melibatkan orang tua yang lebih intens dibandingkan dengan kegiatan pembelajaran saat normal.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jurnalaud

Publisher

Subject

Education

Description

Early Childhood Education Journal (JEA): JEA is an Open Access journal containing research articles in the field of Early Childhood Education. JEA: receive articles in Indonesian, English and Arabic. This journal publishes articles twice a year in June and December. JEA uses quetext plagiarism ...