Gravity Edu : Jurnal Pembelajaran dan Pengajaran Fisika
Vol 2 No 2 (2019): Gravity Edu : September 2019

Pengaruh Pemberian Pendidikan Kesehatan Dengan Metode Story Telling Terhadap Tingkat Pengetahuan Kebersihan Gigi Pada Anak Usia Sekolah di SDN Inpres Kala Tahun 2019

Arif Budiwibowo (fisika)
Sah riana (Unknown)
Ayudiah Uprianingsih (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2019

Abstract

Kesehatan gigi dan mulut merupakan bagian dari kesehatan jasmani yang tidak dapat dipisahkan satu dan lainnya karena akan mempengaruhi tubuh secara keseluruhan. Kesehatan harus dimulai sejak dini, oleh karena itu perlu diberikan pendidikan kesehatan kepada anak mulai dari sekolah dasar untuk membangun rangsangan dan kesadaran anak tentang kebersihan dan pentingnya hidup sehat, salah satu diantaranya adalah kebersihan gigi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian pendidikan kesehatan dengan metode story telling terhadap tingkat Pengetahuan Kebersihan Gigi Anak Sekolah di SDN Inpres Kala Tahun 2019. Bentuk penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang menggunakan one group pretest-posttest design. Data diperoleh menggunakan dua alat istrumen penelitian yaitu obsevasi dan test, kemudian dilakukan analisis menggunakan program komputer SPSS 16.0 for Windows. Sebelum mendapatkan pendidikan kesehatan melalui metode story telling, sebagian besar anak sekolah di SDN Inpres Kala memiliki tingkat pengetahuan kebersihan gigi kategori sedang. Setelah mendapatkan pendidikan kesehatan melalui metode story telling, sebagian besar anak sekolah di SDN Inpres Kala memiliki tingkat pengetahuan kebersihan gigi pada kategori tinggi (p = 0,037 ; p < 0,05). Sehingga terdapat pengaruh yang signifikan pendidikan kesehatan melalui metode story telling terhadap tingkat pengetahuan kebersihan gigi anak sekolah di SDN Inpres Kala

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

GE

Publisher

Subject

Astronomy Computer Science & IT Earth & Planetary Sciences Education Electrical & Electronics Engineering Energy Mathematics Mechanical Engineering Physics Other

Description

Gravity Edu : Jurnal Pembelajaran dan Pengajaran Fisika merupakan jurnal open-access peer-review double-blind. Naskah yang masuk akan melalui proses seleksi editor dan team reviewer. Jurnal Gravity Edu merupakan terbitan dari Program Studi Pendidikan Fisika STKIP Bima mulai menerbitkan artikel ...