Jurnal Kolaboratif Sains
Vol 1, No 1 (2019)

EFEKTIFITAS PEMBERIAN UMPAN BALIK TUGAS TERSTRUKTUR TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA SMP NEGERI 5 BUKAL KABUPATEN BUOL

Abdullah, Sartika (Unknown)
Syahid, Ahmad (Unknown)
Kadir, Surni (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Sep 2019

Abstract

Skripsi ini membahas tentang efektifitas pemberian umpan balik tugas terstruktur terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam Siswa SMP Negeri 5 Bukal Kabupaten Buol. Dengan bentuk permasalahannya yaitu (1) Bagaimana efektifitas pemberian umpan balik tugas terstruktur terhadap hasil belajar PAI di SMP Negeri 5 Bukal (2) Bagaimana implikasi pemberian umpan balik terstruktur terhadap hasil belajar PAI di SMP Negeri 5 Bukal.Tujuan penelitian skripsi ini adalah: (1) untuk mengetahui efektifitas pemberian umpan balik tugas terstruktur terhadap hasil belajar PAI di SMP Negeri 5 Bukal dan (2) untuk mengetahui implikasi pemberian umpan balik terstruktur terhadap hasil belajar PAI di SMP Negeri 5 Bukal.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian skripsi ini adalah metode penelitian deskriptif Kualitatif, Yang terdiri dari: Pendekatan dan Jenis Penelitian Kehadiran Peneliti, Lokasi Penelitian, Sumber Data, Prosedur Pengumpulan Data, Analisis Data, Pengecekan Keabsahan Temuan dan Tahap – tahap penelitian.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Efektifitas pemberian umpan balik tugas terstruktur terhadap hasil belajar PAI di SMP Negeri 5 Bukal  dilakukan agar setiap siswa memperoleh hasil belajar yang yang baik. Disamping itu, agar: Guru dapat mengetahui kemampuan belajar siswa, Medidik siswa agar rajin mengerjakan tugas terstruktur, Memberikan motivasi kepada siswa agar rajin mengulangi pelajaran, Membangun kepercayaan diri siswa, dan Guru menerapkan pemberian umpan balik pada siswa minimal satu uraian pada setiap mata pelajaran. (2) Implikasi pemberian umpan balik terstruktur terhadap hasil belajar PAI di SMP Negeri 5 Bukal adalah; Dapat mengetahui kemampuan belajar awal siswa, Dapat mengetahui dan mengukur kemampuan belajar siswa, Dapat mengetahui kemampuan mengajar guru, Dapat mengetahui hasil belajar siswa, Dapat menerapkan metode brelajar kedepannya. Untuk mengetahui dan mengukur kemampuan belajar siswa, perlu dilakukan evaluasi dengan cara, memberikan beberapa pertanyaan kepada siswa mengenai materi yang diajarkan pada saat itu maupun yang sebelumnya.Kata Kunci        :  Efektifitas, Umpan Balik, Hasil Belajar.

Copyrights © 2019