Primary : Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Dasar
Vol 9 No 2 (2017): Desember 2017

PENGARUH METODE STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK TERHADAP PRESTASI MEMBACA DAN MENULIS SISWA

Hani Tuty Alawiyah (Alumni Univesitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten)
Siti Ngaisah (Univesitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2017

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode eksperimen dengan Metode Struktural Analitik Sintetik terhadap prestasi membaca dan menulis siswa kelas MIN 2. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan tehnik pengumpulan data wawancara dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Berdasarkan hasil uji statistik dengan menggunakan Mann Withney pada posttest penerapan metode Structural Analitik Sintetik adalah tidak signifikan. Hal ini berarti metode Structural Analitik Sintetik tidak berpengaruh terhadap hasil belajar membaca dan menulis siswa. Hasil akhir dari hasil posttest setelah perlakuan diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu 77,73 > 68,00, maka rata-rata hasil keterampilan menulis Bahasa Indonesia siswa dengan penerapkan metode Structural Analitik Sintetik lebih tinggi dari pembelajaran metode konvensional, walaupun nilai rata-rata tinggi tetapi tidak signifikan. Hal ini menunjukkan bahwa prestasi membaca dan menulis dalam menggunakan metode Structural Analitik Sintetik tidak berpengaruh.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

primary

Publisher

Subject

Education

Description

ISSN: 2086-1362 diterbitkan enam bulan sekali oleh Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten, berdasarkan SK. Dekan No.: In.10/F.I/HK.00.5/0951/2014 tanggal 11 April ...