Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas soal ujian semester ganjil pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan kelas V MIN 9 Lambhuk Banda Aceh dilihat dari segi tingkat kesukaran validitas, reliabilitas dan daya pembeda soal. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitiannya siswa kelas V yang berjumlah 22 siswa yang mengikuti ujian. Objek penelitiannya soal ujian akhir semester ganjil, dan jawaban siswa. Data diperoleh dengan metode dokumentasi yaitu: soal ujian dan lembar jawaban siswa. Data dianalisis dengan program perangkat lunak Microsoft excel untuk mengetahui nilai validitas, reliabilitas, dan daya pembeda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Berdasarkan analisis uji validitas butir soal ujian yang valid berjumlah 28 butir (82%) sedangkan yang tidak valid 6 butir (17%). (2) Berdasarkan analisis uji reliabilitas, butir soal ujian semester ganjil mendapatkan hasil reliabilitas sangat tinggi yaitu 2,029043544. (3) Berdasarkan analisis daya pembeda, Butir soal ujian semester ganjil termasuk tidak baik, karena butir soal ini lebih banyak dijawab oleh kelompok bawah dibandingkan dengan jawaban kelompok atas yang memiliki hasil (-0,09) diskriminasi. Keseluruhan butir soal ujian semester ganjil pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan kelas V MIN 9 Lambhuk Banda Aceh termasuk soal yang mudah dan memiliki reliabilitas sangat tinggi tetapi memiliki daya pembeda yang tidak baik.
Copyrights © 2020