Primary : Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Dasar
Vol 12 No 2 (2020): Desember 2020

PENERAPAN PENDEKATAN PRAGMATIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA KELAS IV

Yogi Supyana (Unknown)
Purniadi Putra (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berbicara kelas IV SDIT Buah Hati kabupaten Sintang tahun pelajaran 2018/2019.Bentuk penelitian tindakan kelas yang yang dilaksanakan dalam dua siklus ,tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 26 orang siswa sumber data berasal dari siswa kelas IV, guru kelas IV, kegiatan pembelajaran dan dokumen. untuk pengumpulan data mengunakan observasi,tes,wawancara dan dokumentasi . hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran pragmatic dapat meningkatkan hasil belajar siswa signifikan.Aktifitas siswa pada siklus 1 sebesar ketuntasan belajar siswa 76,92 % dan pada siklus II mengalami peningkatan yang signifikan menjadi 92,31% sehingga terjadi peningkatan besar 15,39 %. Berdasarkan penelitian yang dilakukan di simpulkan secara umum bahwa pengunaan model pragmatic dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada kemampuan berbicara kelas IV SDIT Buah Hati Kabupaten Sintang Tahun Pelajaran 2018/2019

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

primary

Publisher

Subject

Education

Description

ISSN: 2086-1362 diterbitkan enam bulan sekali oleh Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten, berdasarkan SK. Dekan No.: In.10/F.I/HK.00.5/0951/2014 tanggal 11 April ...