JURNAL PETIK
Vol 6, No 2 (2020): Vol 6 No 2 Tahun 2020

Efektivitas Penggunaan Internet Sebagai Media Komunikasi Dalam Meningkatkan Tugas Akhir Mahasiswa Akademi Komunikasi

Riastri Rias Novianita (Fakultas Komunikasi dan Bahasa, Universitas Bina Sarana Informatika)
Rosiana Andhikasari (Fakultas Komunikasi dan Bahasa, Universitas Bina Sarana Informatika)
Cindya Yunita Pratiwi (Fakultas Komunikasi dan Bahasa, Universitas Bina Sarana Informatika)



Article Info

Publish Date
29 Sep 2020

Abstract

Abstract - This study emphasizes the use of the internet as a communication medium for students of the UBSI Communication Academy in improving their final assignments, and also sees its effectiveness in supervisors and students. Internet activities used in this study are www, email, and news groups, as well as to find out what media are used by lecturers and students in conducting final assignment guidance activities. This research is a descriptive study with a qualitative approach. The research method chosen in this research is a case study, because the researcher feels this is appropriate in describing in depth the phenomenon under study. From all the lecturers and students, it can be concluded that UBSI lecturers and students are familiar with the use of the internet in everyday life. Students are able to receive input and teaching from lecturers during guidance using internet applications, so that in the future the process of final assignment guidance activities which are usually done manually face-to-face can be transferred to digital such as using zoom, WhatsApp, and othersKeyword: internet, commucation media, college student. Abstrak – Penelitian ini menekankan pada penggunaan intenet sebagai media komunikasi mahasiswa Akademi Komunikasi UBSI dalam meningkatkan tugas akhir, dan juga melihat efektivitasnya pada dosen pembimbing dan mahasiswa. Aktivitas internet yang digunakan dalam penelitian ini adalah www, email, dan news group, juga untuk mengetahui media apa saja yang digunakan oleh dosen dan mahasiswa dalam melakukan kegiatan bimbingan tugas akhir. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode penelitian yang dipilih dalam penelitian ini yaitu studi kasus, karena peneliti merasa hal ini tepat dalam menggambarkan secara mendalam tekait fenomena yang diteliti. Dari semua narasumber dosen pembimbing dan mahasiswa tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa dosen dan mahasiswa UBSI sudah terbiasa dengan penggunaan internet dalam kehidupan sehari-hari. mahasiswa mampu menerima masukan dan pengajaran dosen selama bimbingan menggunakan aplikasi internet, sehingga untuk kedepannya proses kegiatan bimbingan tugas akhir yang biasanya dilakukan secara manual dengan tatap muka langsung dapat dialihkan ke digital seperti penggunaan zoom, whatsapp, dan lain-lain.Kata kunci: internet, media komunikasi, mahasiswa.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

petik

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tekologi Informasi dan Komunikasi (PETIK) adalah Jurnal yang memiliki fokus dibidang Pendidikan, Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jurnal PETIK ber-issn : 2460-7363 dan e-ISSN : 2614-6606. Sedangkan terbitan pada Jurnal PETIK terbit sebanyak dua kali dalam setahun yaitu pada ...